admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Ketahui Apa Itu Propagasi Domain untuk Website

1 min read

Ketahui Apa Itu Propagasi Domain untuk Website – Website kadang memiliki masalah hanya karena salah melakukan setting, misalnya, website tidak bisa diakses karena pergantian nama server yang dilakukan. Bisa juga mengarahkan website ke hosting baru namun tidak berhasil, ini akan membuat website sulit untuk diakses.

Jangan khawatir, mungkin saja website sedang mengalami masa propagasi domain. Masa ini adalah waktu dimana domain masih melakukan pemindahan hosting lama ke hosting yang baru. Setiap website umumnya memiliki masa propagasi, namun antara satu website dengan website yang lain memiliki masa propagasi yang berbeda.

Tentang Masa Propgasi

Untuk propagasi domain, umumnya bisa terjadi mulai dari hitungan menit, jam, bahkan bisa dalam hitungan hari. Di Indonesia, masa domain propagasi bisa terjadi selama 1 x 24 jam, namun bisa juga lebih, yakni 1 x 48 jam atau 2 hari penuh. Hal ini tergantung dengan layanan domain yang Anda gunakan atau ISP yang dipakai.

Jika Anda mengalami masalah mengenai masa propagasi, ada baiknya segera menghubungi layanan hosting atau IPS. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan gambaran terkait apa yang harus dilakukan dan kapan proses propagasi tersebyt berakhir. Pengecekan akan dilakukan dan website yang Anda miliki bisa segera diakses kembali.

Baca Juga :   Tips Akurat Mengetahui Pemilik Domain Untuk Membelinya

Cara Mempercepat Proses Propagasi

Proses propagasi domain memang membutuhkan waktu, namun bukan berarti tidak bisa dipercepat, ada beberapa trik dan tips yang bisa Anda lakukan, diantaranya adalah:

  1. Melakukan Refresh Browser

Ternyata melakukan refresh pada browser yang digunakan dianggap mampu untuk mempercepat proses propagasi. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu menekan secara bersamaan CTRL+ F5, jika Anda merupakan pengguna Mac OS, Anda hanya perlu menekan Command dan huruf R bersamaan.

Lakukan secara terus menerus, cara mempercepat propagasi domain ini bisa dilakukan di berbagai perangkat, khususnya perangkat PC. Namun bukan berarti cara ini tingkat akurasi dan keberhasilannya tinggi. Jika masih tidak bisa, Anda bisa melakukan ke langkah selanjutnya.

  1. Lakukan Cache pada Browser

Cara lain yang bisa digunakan untuk mempercepat proses progesi adalah dengan melakukan cache pada web browser, caranya dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini, yakni:

  • Untuk pengguna Chrome, Anda bisa masuk ke More Tools, kemudian klik Clear browsing data.
  • Jika Anda menggunakan Mozilla Firefox, langkah yang bisa Anda lakukan dimulai dari membuka menu Tools, kemudian pilih opsi Clear Private Data. Berikan tanda centang pada Cache dan klik pada opsi Clear Private Data Now sebagai cara untuk mempercepat propagasi domain.
  1. Disconnect Internet
Baca Juga :   Langkah Sederhana Perpanjangan Masa Aktif Domain

Jika dua cara diatas tidak berhasil dilakukan, cara selanjutnya adalah melakukan dis-koneksi pada jaringan internet yang Anda gunakan. Coba matikan dulu koneksi internet yang Anda miliki, kemudian nyalakan kembali. Cara ini bisa digunakan untuk mempercepat koneksi internet yang Anda gunakan.

  1. Akses Website dengan IP Adress Sama

Cara mempercepat propagasi domain lain adalah melakukan akses website dengan IP address yang sama dengan Anda. Ini untuk mengecek apakah memang website Anda sedang eror atau masalah lain. Dengan cara ini, proses propagasi bisa dilakukan dengan lebih cepat tanpa perlu mengontak layanan hosting dan domain.

Demikianlah berbagai cara untuk mempercepat propagasi domain dan apa itu masa propagasi pada domain. Anda bisa mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai proses propagasi dengan membaca panduan mengenainya atau bertanya langsung pada pengelola hosting yang Anda pakai.

propagasi domain

Sumber : idcloudhost.com

admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Perbedaan Antara Nama Domain dan Web Hosting

Perbedaan Antara Nama Domain dan Web Hosting. Situs web terdiri dari file seperti halaman HTML, perangkat lunak pembuat situs web, gambar, dan banyak lagi....
admin
1 min read

Tips Melakukan Lock dan Unlock Domain Dengan Mudah

Tips Melakukan Lock dan Unlock Domain Dengan Mudah harus mengikuti beberapa panduan yang telah ditetapkan. Dengan demikian, akan dihasilkan lock dan unlock domain yang...
admin
1 min read