admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Aplikasi Augmented Reality (AR) Untuk Katalog

1 min read

Seiring dengan perkembangan zaman keberadaan katalog mulai dikesampingkan. Orang-orang lebih menyukai membaca dan mengamati dari layar ponsel pintar. Selain dengan kecanggihan yang dimiliki oleh ponsel pintar juga terdapat kecanggihan lain yang tidak kalah uniknya. Aplikasi Augmented Reality (AR) untuk katalog merupakan salah satu inovasi yang terbaru.

Teknologi AR belakangan mulai banyak digemari. Hal tersebut karena penyajian yang dibuat seolah nyata pada tampilan 3D. Tentunya membaca dengan teknologi AR memiliki kesan yang unik dan berbeda. Untuk merancang sistem AR menggunakan aplikasi berbasis android yang didukung dengan alat AR untuk dipasang pada bagian mata.

Manfaat dan Kelebihan Aplikasi

Memberikan inovasi baru yang berbeda dalam menikmati katalog. Aplikasi AR dirancang agar pengguna tidak mudah bosan ketika menggunakan katalog. Tentunya penggunaan AR pada katalog akan meningkatkan kepedulian untuk membaca.

Sistem Perangkat Lunak dan Perangkat Keras Aplikasi

Untuk dapat menggunakan teknologi augmented reality terlebih dahulu harus download aplikasi UNITY3D atau dapat juga download aplikasi Vuforia SDK. Kedua aplikasi tersebut digunakan untuk membuat teknologi AR. Sama halnya dengan aplikasi pada umumnya, AR juga dapat diakses dengan menggunakan sistem mobile.

Katalog yang dikembangkan dengan AR ini adalah salah satu contoh dari program AR mobile. Anda juga dapat mengembangkan aplikasi AR untuk sekedar belajar. Source code aplikasi AR pun saat ini sudah banyak dikembangkan dan dibagikan disitus-situs internet.

Fitur Pada Aplikasi

Aplikasi AR setidaknya membutuhkan beberapa fitur penting untuk menunjang penggunaan katalog, berikut adalah fitur yang digunakan.

  1. Spashscreen

Fitur yang terdapat pada perangkat mobile, selain menampilkan tampilan AR dengan menggunakan markerless AR. Tampilan splashscreen juga tersedia untuk mobile, sehingga dalam penggunaanyya terdapat dua buah control yang dapat digunakan.

  • Dashboard

Fitur yang menampilkan semua menu pada aplikasi katalog, diantaranya adalah menu mulai, menu keluar, dan menu pengaturan. Untuk memilih menu dapat dilakukan dengan dua hal, pertama menggunakan perangkat markerless atapun menggunakan aplikasi yang terdapat pada mobile smartphone.

  • Menu Mulai

Menu meulai adalah fitur yang digunakan untuk mulai membuka halaman katalog. Jika menu mulai ditekan maka akan muncul halaman katalog yang tentunya tampil dalam bentuk tiga dimensi. Hal ini cukup unik dan menyenangkan, anda dapat melihat katalog belanja seperti tas atau baju dalam kondisi 3d.

  • Menu Keluar

Fitur yang digunakan untuk keluar dari tampilan AR, terdapat pada perangkat AR ataupun pada perangkat mobile yang menampilkan splashscreen.

  • Menu Pengaturan

Fitur yang digunakan untuk membuat merubah pengaturan dari aplikasi.

Spesifikasi

Bagi anda yang tertarik mengemangkan aplikasi augmented reality untuk katalog sebaiknya menggunakan PC dengan spesifikasi khusus dan terlebih dahulu melakukan install UNITY3D atau VUFORIA SDK.

link download : bit.ly/3ey8R6F

Avatar
admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Secured By miniOrange