Aplikasi game edukasi belajar aksara jepang adalah serangkaian metode pembelajaran yang dirancang khusus dalam bentuk games agar mudah dipahami. Games ini dirancang untuk dapat digunakan oleh anak-anak dan didukung dengan animasi yang menarik.
Pembuatan source code aplikasi game tersebut menggunakan bahasa pemrograman python. Bahasa pemrograman python sudah cukup popular digunakan untuk membuat aplikasi. Kemudian juga mengguna engine dari Ren’py.
Keunggulan Aplikasi Game Edukasi Belajar Aksara Jepang
Dapat diakses dengan menggunakan smarphone dengan versi 2.3+ atau versi gingerbread.
Rancangan Sistem Perangkat Lunak Pada Aplikasi
Aplikasi dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman python sebagai engine utama yang akan melakukan pemrosesan data. Source code python antara lain sebagai dasar dalam merancang aplikasi mobile. Kemudian engine kedua yang digunakan adalah Rey’py, dimana engine ini berguna untuk menampilkan animasi. Rey’py berguna untuk membantu aplikasi dapat menggunakan kata, suara, ataupun gambar untuk membangun interaksi pada games.
Cerita interaktif yang terdapat dalam engine rey’py biasanya berupa novel ataupun game simulasi. Sehingga bagi developer yang tidak begitu memahami mengenai desain dapat menggunakan source code rey’py.
Agar aplikasi berjalan dengan baik maka butuh ditambahkan dengan penggunaan database yang dinamis dan interaktif. Salah satu jenis database yang popular adalah mysql. Source code python dan mysql dapat digunakan untuk menghasilkan aplikasi yang dinamis dan interaktif.
Fitur Pada Aplikasi Game Edukasi Belajar Aksara Jepang
Aplikasi dilengkapi dengan fitur yang sederhana dan mudah untuk dipahami. Walaupun berguna untuk mempelajari aksara jepang, namun menu tampilan dapat diatur menggunakan bahasa indonesia.
- Login
Fitur untuk mengidentifikasi pengguna agar dapat menikmati permainana dalam aplikasi tersebut. Setiap pengguna akan diwajibakan untuk login terlebih dahulu sebelum menggunakan aplikasi.
- Games
Fitur utama yang menjadi langkah untuk belajar aksara jepang, games yang dimuat adalah berupa interaksi dengan pengguna lain dengan menggunakan animasi kartun. Setiap pengguna harus menyelesaikan misi dan berkompetisi dengan pengguna lain untuk mendapatkan nilai skor. Tentunya misi yang diberikan akan dirancang agar dapat digunakan untuk belajar aksara jepang.
- Simulasi
Simulasi adalah fitur untuk menguji coba games sebelum memulai games yang sebenarnya. Simulasi games tidak akan mempengaruhi pada skor games yang dimiliki. Simulai mirip seperti Latihan sebelum memulai ujian.
- Level
Fitur yang menampilkan level dari permainaan, dimana setiap level memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Untuk membantu mempelajari aksara jepang dengan mudah maka setiap level dirancang secara bertahap dalam tingkat kesulitannya. Diakhir level akan tertera jumlah skor yang dicapai oleh pengguna.
Spesifikasi
Untuk dapat menggunakan aplikasi game edukasi belajar aksara jepang dibutuhkan smartphone yang mendukung versi gingerbread atau 2.3+.
Untuk mendownload full source code ada tombol di bawah ini terima kasih