admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Aplikasi Game Edukasi

1 min read

Pentingnya pendidikan sedari dini mendorong lahirnya berbagai inovasi, salah satunya pembuatan aplikasi game edukasi. Didorong dengan fakta meningkatnya penggunaan smartphone dikalangan anak-anak membuat developer memikirkan cara yang tepat agar anak-anak tidak mendapat pengrauh buruk dari smartphone.

Pembuatan game edukasi dinilai efektif untuk membantu tumbuh kembang enak. Anak-anak tentu sangat menyukai hal-hal yang menyenangkan seperti sebuah games. Pembuatan game edukasi tidak terlalu sulit, membutuhkan keahlian dalam bahasa pemrograman java. Karena aplikasi ini dijalankan pada android, untuk perancangan cukup menggunakan IDE seperti android studio.

Manfaat Aplikasi Game Edukasi

  1. Membuat anak-anak lebih mudah menyerap ilmu karena dilakukan seperti bermain games.
  2. Meningkatkan pola pemikiran anak-anak sesuai dengan kapasitas umur mereka.
  3. Membantu anak-anak terhindar dari kecanduan atau mendapat dampak negative dari smartphone.

Sistem perangkat lunak pada aplikasi

Dibutuhkan source code aplikasi yang dibuat dengan menggunakan IDE Android Studio yang mendukung bahasa pemrograman java. Aplikasi ini kompatibel digunakan untuk pemakai android, sehingga pembuatan melibatkan java sdk dan juga penggunaan database untuk menunjang pengelolaan dan penyimpanan aplikasi.

Andoird studio mendukung penggunaan android virtual device manager sehingga dapat memberikan tool android yang telah terintegrasi dengan android studio. Hal tersebut penting untuk membuat source code java untuk menghasilkan virtual android yang jernih dan dapat dieksekusi oleh emulator android.

Download android studio terlebih dahulu sebelum memulai bekerja membuat aplikasi game ini. Untuk mendownload ini dibutuhkan PC yang memiliki spesfikasi yang cukup tinggi, diantaranya memiliki RAM diatas 2 BG, processor diatas intel cor i3, dan memiliki grapic yang HD.

Fitur Aplikasi Game Edukasi

  • Login
  • Halaman Utama
  • Games

Masing-masing fitur memiliki subbagian dan fungsi yang berbeda, berikut adalah fungsi dan subbagian dari fitur tersebut.

  1. Login

Fitur yang pertama kali muncul ketika user mengunduh aplikasi game edukasi. Jika belum memiliki akun, user akan diminta untuk membuat akun terlebih dahulu dengan menggunakan alamat gma. Login berguna untuk mengetahui identitas sederhana dari pengguna dan username yang akan digunakan dalam menjalankan games tersebut.

  • Halaman Utama

Fitur yang menyerupai dashboard, dimana tampilan awal memberikan berbagai fitur yang dapat diklik dan mengantarkan kehalaman lain. Terdapat beberapa tombol dialog yang ketika diklik akan menjalankan fungsinya masing-masing.

Misalnya pada fitur tombol dialog yang bertuliskan games berhitung, maka ketika diklik akan mengantarkan pengguna untuk mulai bermain games tersebut. Begitupun dengan menu lain yang tersedia pada halaman utama.

  • Games

Fitur utama dari aplikasi, untuk menghasilkan games dengan kualitas gambar yang bagus digunakan android virtual device manager. Tools yang mendukung tampilan virtual yang lebih menarik dan berwarna agar disukai oleh anak-anak.

Spesifikasi

Aplikasi game edukasi dapat dijalankan pada smarphone android dan dapat didownload pada playstore, Anda juga dapat download source code aplikasi di Internet jika tidak menemukan di playstore.

link download : bit.ly/3ey8R6F

Avatar
admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Secured By miniOrange