admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Aplikasi IoT Panel Surya dengan Website

1 min read

Aplikasi berbasis IoT saat ini sedang gencar dikembangkan, sebagai salah satu bentuk dukungan revolusi industri yang mulai memaksimalkan penggunaan internet. Jika Anda belum familiar dengan istilah Internet of Think (IoT) dapat memulai belajar dengan membuat aplikasi IoT. Misalnya Aplikasi IoT Panel Surya dengan Website. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan perangkat keras arduino yang dikoneksikan dengan modul wifi ESP8266. Sedangkan rancangan website dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman php yang didukung dengan database mysql. Berikut adalah rincian dari website monitoring panel surya.

Manfaat Website Panel Surya

Membantu monitoring data tegangan pada panel surya untuk mengetahui efisiensi dari masing-masing panel surya.

Cara Kerja Sistem Website Panel Surya

Sistem bekerja dengan menggunakan dua rancangan, yaitu rancangan perangkat lunak dan rancangan perangkat keras. Anda perlu mempersiapkan perangkat keras IoT (Internet of Think) berupa modul arduino, modul ESP8266, dan papan project untuk rangkaian. Anda perlu menghubungkan modul arduino dengan modul ESP 8266, untuk konfigurasi pin dapat dilihat pada datasheet dari ESP8266. Kemudian input program pada mikrokontroler arduino. Source code arduino untuk ESP8266 dapat dilihat pada libarary Arduino IDE atau juga dapat diunduh terlebih dahulu. Lalu hubungkan perangkat panel surya yang akan dilakukan monitoring. Jadi, disini modul ESP8266 berfungsi sebagai wifi yang akan mengirimkan data pada server website.

Pembuatan website untuk monitoring dirancang dengan menggunakan codeneigther. Source code aplikasi website panel surya dapat dibuat dengan menggunakan framework yang mendukung PHP. Anda tinggal menambahkan database dari data yang dikirim dari alamat IP module wifi EPS8266.

Fitur Pada Website Panel Surya

Jika Anda tertarik untuk belajar membuat website monitoring panel surya, gunakan fitur dibawah untuk membuat tampilan website interaktif.

  • Fitur Login
  • Fitur Pendaftaran users
  • Fitur pembuatan channel monitoring

Berikut adalah penjelasan untuk masing-masing fitur

  1. Fitur Login

Dari nam fiturnya saja kita sudah dapat mengetahui fungsi dari fitur tersebut. Kenapa fitur ini harus ada? Hal tersebut untuk mengurangi resiko penyalahgunaan data monitoring oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

  • Fitur Pendaftaran User

Sebelum login anda akan terlebih dahulu diminta untuk sign-up agar website dapat mengetahui data anda ketika login. Sistem pengelolaan data dan penyimpanan data dirancang dengan source code mysql sehingga keamanan dari data cukup terjamin.

  • Fitur Pembuatan Channel Monitoring

Fitur pembuatan channel dibuat agar user mendapatkan data dari panel surya yang diinginkan. Data yang diterima oleh website bersifat real-time sehingga sangat berguna untuk membuat data untuk kebutuhan membuat perbandingan kualitas panel surya.

Spesifikasi

Aplikasi IoT panel surya dengan website didukung oleh perangat lunak netbeans untuk membuat website berbasis php, dan microsoft SQL management Studio versi 8 untuk mendukung database.

link download : bit.ly/3ey8R6F

Avatar
admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Secured By miniOrange