admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Aplikasi Mobile Untuk Notifikasi Jadwal Kuliah

1 min read

Pembuatan aplikasi mobile untuk notifikasi jadwal kuliah dilatarbelakangi oleh kurang efektinya penggunaan papan informasi. Papan informasi dinilai kurang efektif untuk menginformasikan jadwal kuliah karena akan kesulitan dicapai untuk mahasiswa yang tempat tinggalnya jauh.

Didasari dengan hal tersebut maka dibuat sebuah source code aplikasi berbasis mobile yang lebih mudah untuk diakses oleh siapapun dan dimanapun. Jika Anda tertarik untuk mengembangkan aplikasi serupa maka sebaiknya terlebih dahulu mempelajari bahasa pemrograman yang dibutuhkan untuk aplikasi mobile. Contoh bahasa pemrograman yang mendukung aplikasi mobile adalah javascript, css, dan html. Berikut adalah uraian untuk aplikasi mobile tersebut.

Manfaat Aplikasi Mobile Untuk Notifikasi Jadwal Kuliah

  1. Memberikan informasi jadwal kuliah dengan sistem jarak jauh, sehingga mahasiswa yang tinggalnya jauh dapat mempersiapkan diri.
  2. Memberikan kemudahan untuk mahasiswa menentukan jadwal perkuliahan

Cara Kerja Sistem Notifikasi Jadwal Kuliah

Sistem pada aplikasi mobile dirancang dengan bahasa pemrograman yang mendukung pembuatan mobile. Pembuatan mobile web setidaknya membutuhkan tiga bahasa pemrograman, yaitu javascript, CSS, dan HTML. Ketiga source code tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Source code javascript dan CSS banyak digunakan untuk menghasilkan desain pada aplikasi mobile.

Sedangkan soure code HTML adalah tools utama yang digunakan untuk membuat sebuah aplikasi yang interaktif dan dinamis. Sedangkan untuk merancang web service dari aplikasi tersebut digunakan tools HTTP. HTTP lazim digunakan untuk menghasilkan tampilan aplikasi mobile yang dapat menyesuaikan dengan ukuran perangkat yang mengakses halaman tersebut

Fitur Pada Aplikasi Mobile Untuk Notifikasi Jadwal Kuliah

  • Halaman Masuk
  • Halaman Dashboard
  • Halaman Jadwal
  • Halaman Kalender
  • Halaman Pengaturan

Masing-masing fitur memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda, berikut adalah fungsi dan cara kerja dari masing-masing fitur.

  1. Halaman Masuk

Halaman masuk adalah fitur login untuk membuka portal halaman mahasiswa.

  • Halaman Dashboard

Fitur yang memuat tampilan dari menu lain, dimana akan terdapat kotak dialog yang ketika diklik akan mengantarkan pengguna pada halaman lain. Seperti menu jadwal, maka ketika pengguna mengklik tombol tersebut maka akan keluar halaman dari jadwal.

  • Halaman Jadwal

Fitur yang menampilkan jadwal kuliah permatakuliah, tampilan fitur akan dibuat berupa tabel yang memuat informasi jadwal perkuliahan, dosen pengampu kuliah, dan juga kelas untuk matakuliah tersebut.

  • Halaman Kalender

Fitur yang menampilkan kalender akademik mahasiswa dalam waktu satu semester. Jadi semua jadwal satu semester akan terlihat dalam bentuk kalender. Dengan adanya fitur ini mahasiswa akan lebih mudah dalam mengamati jadwal kuliah untuk interval waktu satu semester.

  • Halaman Pengaturan

Halaman yang memberikan fitur untuk mengatur tampilan website sesuai dengan yang diinginkan, misalnya mengatur mode gelap terang pada aplikasi tersebut. Selain itu fitur pengaturan biasanya jarang digunakan, karena hanya memuat informasi terkait aplikasi tersebut.

Spesifikasi

Membuat aplikasi mobile untuk notifikasi jadwal kuliah membutuhkan perangkat dengan spesifikasi RAM 2GB, processor intel core i3, dan juga tampilan HD.

link download : bit.ly/3ey8R6F

Avatar
admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Secured By miniOrange