admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Aplikasi Pakan Ikan Otomatis

1 min read

Kemudahan untuk membuat website dapat dimanfaatkan untuk membantu berbagai kegiatan. Salah satunya membantu peternak ikan memberi pakan ikan mereka dengan membuat Aplikasi Pakan Ikan Otomatis. Anda dapat merancang juga merancang website tersebut dengan menggunakan javascript dan mysql sebagai database. Berikut ini adalah penjelasan singkat untuk aplikasi pakan ikan.

Manfaat Aplikasi Pakan Ikan

Aplikasi ini membantu peternak ikan untuk memonitoring pakan ikan dan juga membantu memberikan pakan ikan.

Cara Kerja Sistem Pada Aplikasi Pakan Ikan

Cara kerja dari sistem adalah menggunakan komunikasi dua arah. Dimana website berfungsi sebagai pemberi informasi yang selanjutnya diterima oleh sistem perangkat keras dan dieksekusi. Untuk rancangan website menggunakan source code javascript yang digabungkan dengan database dari mysql.

Fitur Pada Aplikasi Pakan Ikan

  • Jadwal
  • Username
  • Password
  • Status
  • Keterangan

Beberapa fitur tersebut memiliki fungsi penting untuk menunjang website menjadi lebih interaktif dan user friendlu. Berikut adalah uraian untuk masing-masing fitur.

  1. Jadwal

Untuk membuat fitur jadwal digunakan tipe data integer yang menggunakan konstrain dari not null dan juga primary key. Jadwal merupkan fitur untuk mengetahui otomatisasi sistem yang akan dikerjakan, serta dengan jadwal kegiatan tersebut.

Fitur ini dapat diubah dan diolah oleh pengelola atau web. Karena seiap peternak ikan memiliki jadwal pemberian pakan sendiri maka jadwal tidak dibuat secara permanen dalam sistem.

Jadwal yang telah dibuat akan tersimpan kedalam sistem database mysql yang digunakan sebagai database website pakan ikan.

  • Username

Tipe data yang digunakan untuk membuat username adalah text dengan kontstrainnya not null.Username merupakan fitur untuk mengenali pengguna yang mengakses web tersebut.

  • Passwarod

Tipe data yang digunakan adalah text dengan konstrain not null. Password adalah gate untuk dapat mengakses website.

  • Status

Tipe data yang digunakan adalah text dengan konstrain not null. Status merupakan fitur yang memberikan tampilan terkait kegiatan yang sudah dan akan dilakukan. Jika kegiatan pada jadwal sudah dikerjakan maka akan terlihat berbeda dengan kegiatan yang belum dilakukan.

Status membantu peternak ikan untuk memonitoring pemberian pakan ikan oleh sistem

  • Keterangan

Keterangan merupakan fitur yang memberikan beberapa informasi terkain kondisi lingkungan disekitar. Seperti keterangan pH pada kolam, temperature kolam, dan juga tingkat kekeruhan kolam.

  • Hardware

Hardware adalah alat yang dirancang dengan menggunakan mikrokontroller Arduino. Arduino baru dapat berfungsi sesuai dengan baris program yang dibuat pada software Arduino. Download source code aplikasi pakan ikan otomatis terlebih dahulu untuk mendapatkan librarynya.

Spesifikasi

Aplikasi pakan ikan otomastis dapat dirancang jika perangkat mendukung untuk perangkat lunak berikut.

  1. Arduino IDE
  2. Mysql
  3. Arduino NodeMCU
  4. ESP9622

link download : bit.ly/3ey8R6F

Avatar
admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Secured By miniOrange