admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Aplikasi Pembelajara Fisika Berbasis Android

1 min read

Fisika adalah mata pelajaran yang sering menjadi momok untuk siswa karena kesulitannya. Fisika sendiri adalah ilmu sains yang membutuhkan imajinasi untuk dapat membangun teori yang matematis. Oleh karena itu dirancanglah sebuah aplikasi pembelajaran fisika berbasis android yang dikembangkan dengan animasi yang menarik.

Point utama dalam mengembangkan aplikasi ini adalah menggunakan desain dan simulasi yang menarik sehingga mudah untuk mudah dipahami. Aplikasi dirancang dengan menggukan android studio dan melibarkan adobe air untuk memperoleh animasi yang menarik.

Cara Kerja Aplikasi Pembelajaran Fisika

Aplikasi dijalankan pada perangkat android dengan memuat menu untuk terkait teori fisika. Masing-masing menu dilengkapi dengan simulasi untuk memahami fisika kemudian dikonversikan menjadi teori matematis atau rumus.

Rancangan Perangkat Lunak Aplikasi Pembelajaran Fisika

Aplikasi dirancang dengan menggunakan source code script pada android studio. Android studio memiliki fitur yang lebih sederhana dan cocok untuk mengembangkan aplikasi yang tidak membutuhkan fungsi yang kompleks.

Bagian penting dari pembuatan soure code aplikasi adalah rancangan UI/UX yang menarik dan user friendly. Install adobe air perlu dilakukan agar dapat membuat animasi untuk tampilan pada sistem android. Rancangan UI pada aplikasi penting untuk membuat pengguna tertarik belajar fisika. Sedangkan rancangan UX untuk memberikan fungsi pada setiap desain yang terdapat dalam aplikasi.

Fitur Pada Aplikasi Pembelajaran Fisika

  1. Splashscreen

Splashscreen merupakan tampilan ketika aplikasi dioperasikan, ini menandakan bahwa aplikasi sedang running atau loasing. Proses loading akan selesai saat tampilan splashscreen digantikan dengan tampilan menu utama. Desain splashscreen dapat dibuat sendiri dan semenarik mungkin.

  • Menu Utama

Menu utama memuat tampilan menu mulai dari materi, pengaturan, dan menu lainnya yang dirasa perlu untuk ditambahkan pada aplikasi ini. Desain dari menu utama dibuat menarik dengan animasi yang membuat pengguna tidak bosan untuk belajar fisika.

  • Menu Materi Pembelajaran

Fitur yang menampilkan rincian berbagai materi fisika yang ingin dipelajari. Salah satu keunggulan aplikasi ini adalah aplikasi dikembangkan dengan proses pembelajaran yang terstruktur dan sistematis. Pembalajaran fisika dirancang dengan menggunakan konsep kurikulum yang telah ditetapkan dalam pembelajaran fisika.

Pada setiap menu materi pembelajaran akan terdapat informasi pembelajaran berupa animasi dan simulasi yang menarik, teori matematis, kemudian soal latihan untuk mengasah kemampuan pengguna setelah belajar.

  • Master Data

Master data adalah fitur perangkat lunak untuk menyimpan data materi yang akan ditampilkan. Source code database yang digunakan untuk aplikasi ini adalah myadmin. Myadmin akan menyimpan data yang diinput berupa informasi teori ataupun animasi yang telah dibuat sebelumnya.

Spesifikasi

Aplikasi pembelajaran fisika berbasis android dikembangkan dengan melibatkan software berikut.

  1. Flas IDE Pro CS6
  2. Actionscript 3.0
  3. Air Developer Tool (ADT)

link download : bit.ly/3ey8R6F

Avatar
admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Secured By miniOrange