admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Aplikasi Pengenalan Hewan Berbasis Augmented Reality

1 min read

Metode pembelajaran untuk anak-anak seiring waktu mengalami peningkatan dan disesuaikan dengan teknologi terkini. Salah satunya adalah dengan merancang aplikasi pengenalan hewan berbasis augmented reality untuk membantu siswa mengenal hewan.

Uniknya penggunaan teknologi terkini yaitu augmented reality akan membuat pembelajaran menjadi menarik, sehingga anak-anak lebih mudah untuk memahami. Penggunaan augmented reality akan membuat gambar hewan dalam tampilan 3D pada perangkat smartphone dan mengeluarkan informasi pada hewan tersebut, misalnya suara ataupun informasi lainnya.

Augemented reality saat ini sudah banyak berkembang, tidak hanya pada teknologi games. Markerless yang digunakan juga bervariasi, anda dapat menggunakan markerless camera untuk melakukan visualisasi untuk magicbook hewan.

Kelebihan Aplikasi Pengenalan Hewan Berbasis Augmented Reality

Kelebihan dari aplikasi ini adalah pengenalan hewan akan lebih interaktif. Anak-anak akan lebih antusias untuk mempelajari materi tentang hewan karena tampilan yang unik.

Rancangan Sistem Perangkat Lunak Aplikasi Pengenalan Hewan

Aplikasi dirancang dengan menggunakan aplikasi yang mencukung pembuatan program augmented reality. Komponen penting yang harus ada dalam aplikasi ini adalah pengaturan markerless augmented reality dan juga magic book untuk media yang akan divisualisasikan.

Markerless augemented reality yang digunakan adalah smartphone berbasis android dan ios. Pembuatan source code markerless menggunakan aplikasi Vuforia. Maka sebelum mengembangkan aplikasi ini maka terlebih dahulu anda lakukan proses install Vuforia untuk membuat markerless. 

Selanjutnya pembuatan magic book dilakukan dengan menggunakan aplikasi QCAR (Qualcom Augmented Reality) untuk membuat magic book dengan tampilan gambar hewan. Magic book yang dibuat dengan menggunakan QCAR akan divisualisasikan saat dideteksi oleh markerless.

Cara Menjalankan Aplikasi Pengenalan Hewan

  1. Download aplikasi pengenalan hewan dengan augmented reality di Playstore. Anda juga dapat download source code untuk melakukan modifikasi keperluan pribadi atau pengembangan aplikasi.
  2. Setelah halaman utama terbuka, selanjutnya buka menu markerless augmented reality. Saat anda membuka menu tersebut maka akan otomatis terhubung pada camera smartphone.
  3. Kemudian arahkan camera pada magicbook yang telah dibuat sebelumnya. Saat magic book telah terdeteksi maka akan otomatis menampilkan informasi dari hewan tersebut. Informasi yang tampil pada aplikasi diantaranya adalah tampilan gambar 3D kemudian informasi berupa suara.
  4. Saat telah visualisasi dari gambar telah keluar, maka selanjutnya anda akan mendapatkan menu lain yang berisi informasi. Menu seperti ensklopedia hewan tersebut, kemudian informasi terkait ciri-ciri hewan tersebut.
  5. Jika anda ingin menggunakan magicbook lain maka pilihlah menu exit pada tampilan smarphone. Kemudian lakukan proses yang sama untuk menampilkan informasi hewan dengan visualisasi yang menarik.

Spesifikasi

Aplikasi pengenalan hewan berbasis augmented reality dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Vuforia dan QCAR.

link download : bit.ly/3ey8R6F

Avatar
admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Secured By miniOrange