admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Aplikasi Untuk Sistem Pembayaran

1 min read

Dalam lingkungan administrasi keuangan disekolah terdapat pembayaran yang wajib untuk dilakukan yaitu pembayaran spp. Pembayaran spp pada beberapa sekolah biasanya ditetapkan berdasarkan pada kondisi keuangan dari masing-masing keluarga siswa.

Proses penentuan besaran spp sering kali dirasa sulit karena membutuhkan banyak waktu untuk menyimpulkan besaran tersebut. Solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi untuk sistem pembayaran.

Aplikasi dikembangkan dengan basis website sehingga lebih mudah untuk diakses oleh pengguna. Proses pembuatan website dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman php.

Cara Penggunaan Aplikasi Sistem Pembayaran

Aplikasi ini dijalankan dengan cara mengisi form wawancara yang formatnya sudah diatur didalam source code aplikasi. Proses kalkulasi spp kemudian akan diproses oleh sistem secara otomatis dan besaran spp akan keluar.

Variabel untuk form wawancara dapat diatur berdasarkan kebutuhan dari instansi. Setiap instansi tentu memiliki penilaian yang berbeda untuk menentukan spp.

Rancangan Perangkat Lunak Aplikasi Sistem Pembayaran

Aplikasi dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman php dan diintegrasikan dengan database mysql. Pembuatan source code php dikerjakan dengan menggunakan software Netbeans 7.3.1 atau versi terbaru.

Source code aplikasi berbasis website jauh lebih mudah jika dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman php. Anda juga dapat menggunakan aplikasi lain dari netbeans, seperti menggunakan intellaj, visual studio, ataupun menggunakan bahasa pemrograman html.

Sedangkan untuk perancangan source code database mysql menggunakan aplikasi SQL Server Management Studio tahun 2008 atau yang terbaru. Database berguna untuk membantu proses penyimpanan dan pengelolaan data.

Fitur Pada Aplikasi Sistem Pembayaran

Aplikasi dilengkapi dengan fitur yang lengkap dan user friendly, berikut ini adalah fitur yang ada pada aplikasi untuk pembayaran.

  1. Users

Users dalam aplikasi ini dibedakan atas dua, pertama adalah users yang berlaku sebagai admin yaitu guru dan pegawai yang berwenang. Kemudian users yang kedua adalah siswa. Untuk membedakan jenis users maka dibutuhkan fitur login untuk mengenali identitas dari pengguna yang mengakses website.

  • Input Data Pembayaran

Fitur untuk membuat besaran pembayaran yang diajukan oleh siswa, ini digunakan sebagai acuan untuk mempertimbangkan besaran dari spp yang akan diberikan.

  • Output Data Pembayaran

Fitur ini merupakan hasil output yang muncul ketika keputusan besaran pembayaran telah keluar. Fitur ini akan dikelola oleh sistem secara otomatis dan data akan tersimpan didalam database.

  • Proses Pembayaran

Fitur proses pembayaran ditambahkan dengan source code gateway pembayaran secara e-money. Metode pembayaran ini memberikan akses yang lebih mudah untuk pengguna untuk melakukan pembayaran tanpa perlu kekantor administrasi.

Spesifikasi

Aplikasi untuk sistem pembayaran dapat akan kembangkan dengan menggunakan spesifikasi berikut.

  1. Web server php
  2. Client Service
  3. Netbeans 7.3.1

link download : bit.ly/3ey8R6F

Avatar
admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Secured By miniOrange