admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Berbagai Jenis Domain Sesuai Kegunaannya

2 min read

Berbagai Jenis Domain Sesuai Kegunaannya. Nama domain bak alamat fisik situs web Anda. Domain seperti GPS membutuhkan alamat jalan atau kode pos untuk memberikan petunjuk arah, browser web memerlukan nama domain untuk mengarahkan Anda ke situs web.

berbagai jenis domain

MediaWeb.co.id

Pendaftaran nama domain diawasi oleh organisasi bernama ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers). ICANN memastikan nama domain mana yang masih tersedia dan mengamankan database terpusat di mana nama domain menuju.

Domain memiliki banyak jenis dan kegunaannya juga berbeda-beda. Untuk informasi lebih detail mengenai jenis domain, baca terus artikel ini supaya mendapatkan pengetahuan secara menyeluruh.

Berbagai Jenis Domain

Tidak semua nama domain mengikuti formula yang sama, dan meskipun domain .com menempati 46,5% dari semua situs web global, itu masih menyisakan banyak ruang untuk jenis nama domain lain seperti .org dan .net. Secara keseluruhan, jenis nama domain yang paling umum meliputi:

TLD: Domain Tingkat Atas

Ada lebih dari seribu jenis domain TLD yang tersedia tetapi yang paling umum termasuk .com, .org, .net, dan .edu. Daftar resmi TLD diatur oleh organisasi yang disebut Internet Assigned Numbers Authority (IANA). IANA mencatat bahwa daftar TLD juga mencakup ccTLD dan gTLD.

Baca Juga :   Cara Memasang Codeignitier di Hosting Website

ccTLD: Domain Tingkat Atas Kode Negara

ccTLD hanya menggunakan dua huruf dan didasarkan pada kode negara internasional, seperti .us untuk Amerika Serikat dan .jp untuk Jepang. Mereka sering digunakan oleh perusahaan yang membangun situs khusus untuk wilayah tertentu dan dapat menjadi cara yang baik untuk memberi sinyal kepada pengguna bahwa mereka telah tiba di tempat yang tepat.

gTLD: Domain Tingkat Atas Generik

GTLD pada dasarnya adalah jenis domain tingkat atas yang tidak bergantung pada kode negara. Banyak gTLD ditujukan untuk kasus penggunaan tertentu, seperti .edu yang ditujukan untuk institusi pendidikan. Karena itu, Anda tidak harus memenuhi kriteria khusus apa pun untuk mendaftarkan gTLD, itulah sebabnya domain .com mungkin belum tentu digunakan untuk tujuan komersial.

Contoh lain dari gTLD termasuk .mil (militer), .gov (pemerintah), .org (untuk non-profit dan organisasi), dan .net, yang awalnya dirancang untuk penyedia layanan internet (ISP) tetapi sekarang digunakan lebih luas.

Jenis Nama Domain Lainnya

Meskipun kategori nama domain yang disebutkan di atas adalah yang paling sering, ada beberapa lain yang dapat Anda temui.

Baca Juga :   Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tuberkulosis Metode Forward Chaining & Certainty Factor PHP&MySQL

Domain Tingkat Kedua

Anda mungkin pernah melihat nama domain ini sebelumnya. Misalnya, perusahaan Inggris terkadang menggunakan .co.uk alih-alih .com, dan ini adalah contoh sempurna dari domain tingkat kedua. Domain tingkat kedua lainnya adalah .gov.uk, yang sering digunakan oleh lembaga pemerintah, dan .ac.uk, yang digunakan oleh lembaga akademik dan universitas.

Subdomain

Subdomain bermanfaat karena mereka tidak membutuhkan webmaster untuk membeli nama domain tambahan untuk merancang divisi dalam situs mereka. Sebagai gantinya, mereka dapat membuat subdomain yang secara efektif menunjuk ke direktori tertentu di server. Jenis domain ini bisa sangat berguna untuk situs kampanye dan jenis konten web lainnya yang harus dipisahkan dari situs utama.

Misalnya, Facebook menggunakan developers.facebook.com untuk memberikan informasi spesifik bagi pengembang web dan aplikasi yang ingin menggunakan API Facebook. Contoh bagus lainnya adalah support.google.com

Domain Gratis

Jenis domain ini mirip dengan subdomain karena mereka menggunakan nama situs web di domain pribadi Anda. Misalnya, alih-alih memiliki businessbooks.com, itu akan menjadi businessbooks.wordpress.com atau businessbooks.squarespace.com.

Baca Juga :   Layanan Hosting Terbaik Beserta Kekurangan dan Kelebihannya!

Domain gratis tidak baik untuk tujuan bisnis jangka panjang atau branding unik Anda sendiri. Direkomendasikan membeli domain dan mendapatkan milik Anda sendiri. Selain itu, Anda dapat memilih paket paket hosting + nama domain dan mendapatkan nama domain secara gratis.

Sekarang setelah Anda mengetahui beberapa jenis domain, berhati-hatilah dalam memilih nama domain yang sesuai. Mengubah nama domain bisa jadi rumit. Selain itu, situs web Anda mungkin kehilangan banyak reputasi dan pengakuan merek yang diperoleh dengan susah payah.

Smallseo

admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code