admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Berbagai Jenis Web Cache untuk Domain Website

1 min read

Berbagai Jenis Web Cache untuk Domain Website – Cache web merupakan salah satu tools yang banyak digunakan sebagai penunjang performa website. Tools ini akan membuat proses muat website menjadi lebih mudah, dengan menyiapkan data atau konten yang sudah pernah diakses sebelumnya di penyimpanan sementara.

Ada banyak manfaat web cache untuk website dan domain secara keseluruhan, website yang menggunakan web cache dinilai memiliki performa yang lebih baik dibandingka website yang tidak menggunakannya. Traffic dan konversi yang dimiliki website juga makin tinggi setelah menggunakan tools web cache.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan web cache, berikut adalah jenis web cache yang bisa Anda gunakan. Web cache yang baik adalah web cache yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, sehingga bisa memaksimalkan website yang dimiliki.

Jenis Web Cache yang Sering Digunakan

  1. Browser Cache

Jenis yang pertama adalah browser cache, yang merupakan web cache untuk pengguna browser secara umum. Setiap browser populer digunakan, seperti Google Chrome, Mozilla, Opera dan berbagai jenis browser lain pasti memiliki browser cache.

Baca Juga :   Tagline untuk Meningkatkan Performa Website dan Domain

Jenis web cache yang satu ini adalah jenis yang paling dekat dengan pengunjung website. Ketika mereka mencari informasi yang ada di internet, browser akan menyimpan data tersebut untuk digunakan kembali. Jadi jika mereka mencari informasi sejenis, browser hanya perlu menampilkan cache yang sebelumnya sudah disimpan.

Namun cache ini memiliki ukuran yang sempit, jadi jangan heran jika terlalu lama menggunakan browser, cache menjadi banyak dan menumpuk. Anda disarankan untuk menghapus cache guna membuat browser dapat berjalan dengan lebih cepat. Jangan khawatir, data tidak akan hilang, browser cache akan menyimpan lagi cache yang Anda akses.

Saat ini sudah banyak aplikasi yang akan membantu Anda memonitor jumlah cache yang terdapat di dalam browser cache. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengunduh aplikasinya atau menggunakan fitur plugin. Nantinya jenis web cache ini akan dihapus jika kapasitasnya sudah penuh atau Anda akan mendapatkan pemberitahuan apabila penyimpannya tinggal sedikit.

  1. Server Cache

Jenis lain yang juga sering digunakan adalah server cache, server cache merupakan data halaman website yang disimpan dalam server atau sistem yang ada di pusat. Untuk jenis server cache ada beberapa jenis yang sering digunakan, yakni:

  • Full page cache, merupakan cache yang berisi seluruh data halaman website. Cache yang disimpan oleh jenis web cache ini adalah file html, stylesheet dan masih banyak lagi.
  • Object cache, merupakan jenis cache yang menyimpan satu jenis cache saja pada website yang dikunjungi, diantaranya gambar, database dan lainnya.
  • CDN Cache, ini merupakan server cache yang tersimpan di berbagai negara, jadi jika ada pengunjung website mengakses suatu server, CDN cache terdekat akan mengirimkannya ke browser cache mereka.
  • Opcode cache, adalah cache yang digunakan untuk menyimpan jenis file PHP di dalam website. Dengan menggunakan jenis web cache ini, eksekusi dan proses menemukan file bisa dilakukan dengan lebih cepat
Baca Juga :   Managed WordPress Hosting Dapat Meningkatkan Bisnis Anda

Jika ingin menggunakan web cache, Anda bisa mengunduh filenya di internet untuk dipasang di website yang Anda gunakan. Anda juga bisa menanyakan tools ini di penyedia layanan hosting atau domain yang Anda gunakan, apabila mereka memang menyediakan.

Demikianlah beberapa jenis web cache yang bisa Anda gunakan untuk website Anda, baik website wordpress atau website jenis yang lain. Semoga informasi tersebut dapat menambah pengetahuan Anda terkait dengan web cache.

jenis web cache

Sumber : whello.id

admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Managed WordPress Hosting Dapat Meningkatkan Bisnis Anda

Managed WordPress Hosting Dapat Meningkatkan Bisnis Anda. Menjalankan blog atau situs WordPress bukanlah permainan yang mudah. Anda harus mengurus semua konten, pemasaran, desain situs,...
admin
1 min read

Fakta tentang Shared WordPress Hosting

Fakta tentang Shared WordPress Hosting. Saat Anda menjalankan WordPress di situs web Anda, Anda harus memutuskan antara shared WordPress hosting dan managed WordPress hosting....
admin
1 min read

Menggunakan Email Marketing untuk Situs Pemasaran Digital Bisnis

Menggunakan Email Marketing untuk Situs Pemasaran Digital Bisnis! Untuk menciptakan sebuah strategi pemasaran digital yang efektif dan profesional, tentunya Anda harus mengetahui yang namanya...
admin
1 min read