admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Cara Custom Domain ke Blogspot Manual untuk Blogger

1 min read

Cara Custom Domain ke Blogspot Manual untuk Blogger – Custom domain saat ini banyak digunakan oleh blogger untuk menghemat budget pengelolaan website. Custom domain merupakan aktifitas pembuata blog atau website yag dapat diakses dengan domain yang sudah dimiliki sebelumnya oleh blogger.

Melakukan custom domain biasanya tersedia hampir di semua layanan hosting, karena itu ada baiknya Anda bertanya terlebih dahulu kepada penyedia hosting, apakah mereka menyediakan layanan tersebut. Proses dan caranya juga lebih mudah, Anda tidak perlu mengganti IP atau nameserver yang dimiliki, semuanya bisa dilakukan dengan cara yang ringkas.

Jika Anda tertarik dengan custom domain, berikut adalah cara custom domain ke blogspot yang bisa Anda jadikan sebagai panduan. Tentunya Anda harus melakukan persiapan terlebih dahulu, yakni menggunakan client area yang sudah disediakan oleh penyedia jasa hosting.

Tutorial Cara Custom Domain ke Blogspot

  1. Lakukan Login ke Client Area

Langkah pertama adalah melakukan login ke client area yang Anda miliki, caranya dengan memasukkan kata sandi dan nama akun yang dimiliki. Nantinya Anda akan dialihkan menuju control panel hosting yang Anda beli sebelumnya.

  1. Memilih Domain

Cara custom domain ke blogspot selanjutnya adalah mengelola produk jasa yang sudah Anda beli sebelumnya. Pilih custom domain di menu yang tersedia, kemudian klik menu Domains. Berikan tanda centang di bagian domain yang ingin Anda gunakan.

  1. Arahkan Server ke Penyedia Jasa Hosting

Langkah selanjutnya adalah melakukan pengelolaan domain, caranya adalah sebagai berikut:

  • Cek nama server yang digunakan, klik tab menu nameserver, kemudian pilih opsi use default nameservers.
  • Apabila menggunakan domain id, lakukan panduan yang sudah disesiakan oleh penyedia hosting.
  • Lakukan perubahan nama server, jika sudah klik opsi change nameserver untuk menyimpan semua perubahan yang sudah dilakukan.

Cara custom domain ke blogspot ini memang cukup rumit, apalagi untuk Anda yang baru pertama kali melakukannya. Karena itu, jangan ragu menggunakan layanan konsultasi dan tanya jawab yang diberikan oleh penyedia hosting apabila terjadi masalah.

  1. Mengelola DNS Zone Editor

Setelah semua proses selesai, langkah berikutnya adalah melakukan pengelolaan add on domain. Bagian ini terdapat dalam menu DNS Zone Manager yang berfungsiuntuk mengelola DNS yang Anda miliki.

  1. Menambahkan A Record

Cara custom domain ke blogspot belum selesai, Anda harus mengatur A Record yang dimiliki. Masukkan IP Adress dari blogger yang Anda gunakan, juga hostname yang dipakai. Di bagian ini, Anda harus memasukkannya dengan benar untuk menghindari adanya eror pada website yang dimiliki. Jika sudah selesai, pilih opsi menu Save Changes untuk menyimpan perubahan yang dilakukan.

Melakukan Pengaturan di Akun Blogpsot

Setelah semua langkah selesai, Anda hanya perlu mengatur akun yang terdapat di blogspot, caranya adalah masuk ke akun yang Anda buat, kemudian ikuti langkah berikut:

  • Masuk ke bagian setting, kemudian cek pada bagian publishing.
  • Klik opsi dengan tulisan custom domain.
  • Tuliskan nama domain yang ingin Anda gunakan, tekan Save untuk menyimpan perubahan.
  • Masukkan CNAME Record yang dimiliki, ini akan menghubungkan antara domain blogspot yang Anda miliki dengan domain server yang sudah dibeli.

Demikianlah cara custom domain ke blogspot yang bisa Anda lakukan, semoga dengan informasi tersebut Anda bisa melakukan pemindahan server dan custom domain dengan lebih mudah. Website blogpsot yang memiliki server sendiri tentu lebih mudah untuk dikeola.

Cara custom domain ke blogspot

Sumber : domainesia.com

Avatar
admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Secured By miniOrange