admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Bagaimankah Cara Kerja Domain dan Hosting

1 min read

Bagaimankah Cara Kerja Domain dan Hosting – Apakah kalian merasa penasaran dengan cara kerja domain dan hosting yang bersinergi dalam satu sistem? Padahal keduanya merupakan dua hal yang berbeda serta memiliki cara kerja yang berbeda pula namun saling menyempurnakan atau saling melengkapi.

Domain dapat diibaratkan sebagai suatu alamat dan hosting merupakan suatu rumah yang menjadi tempat menyimpan segala data-data penting yang dimiliki. Kita dapat menemukan rumah yang dituju dengan mudah dan cepat apabila mengetahui alamat lengkapnya secara jelas.

Sudah jelas mengenai perbedaan domain dan hosting bukan? Selanjutnya kita akan membahas cara kerja domain dan hosting dengan gamblang seperti penjelasan di bawah ini.

Cara Kerja Domain dan Hosting

Perhatikan cara kerja domain dan hosting di bawah ini dengan seksama, pastikan kalian memahami setiap detail yang disampaikan agar mampu mempersiapkan diri untuk membuat suatu website.

  1. Server hosting atau IP berfungsi sebagai alat penyimpanan, file website yang telah dibuat akan disimpan di dalam server hosting.
  2. Pengunjung mencari file yang ingin didapatkan dengan mengetikan alamat domain pada kolom browser. Contoh alamat domain yaitu facebook.com, unsoed.ac.id.
Baca Juga :   Sistem Pakar Diagnosa Leukemia Darah Dengan Certainty Factor (CF) PHP & MySQL

Pada tahap selanjutnya domain dan hosting akan bekerja sama sebagai suatu sistem yang memiliki tujuan yang utama yaitu menyajikan data yang diminta kepada pengunjung situs.

  1. Browser akan memberikan perintah kepada server untuk mengirimkan file website yang dicari.
  2. Kemudian server akan merespond dengan memberikan umpan balik berupa pengiriman file website menuju browser
  3. Pada tahap ini file website sudah dapat diakses dan dinikmati oleh pengunjung.

Cara kerja domain dan hosting di atas tidak berjalan secara lambat ya guys, mungkin terlihat agak lama karena melalui lima tahap sekaligus. Namun pada tataran praktis tahap tersebut akan dilalui dengan sangat cepat.

Berdasarkan cara kerja yang telah dipaparkan di atas, dapat dinyatakan bahwa domain dan hosting meskipun memiliki fungsi yang berbeda namun saling terikat satu sama lain. Mari kita ulas perbedaan domain dan hosting yang menyebabkan keduanya memiliki cara kerja yang berbeda.

domain dan hosting

Fungsi Keberadaan Domain dan Hosting

Domain dan hosting memiliki fungsi yang saling melengkapi, fungsi utama dari hosting adalah sebagai tempat utama penyimpanan file website, sedangkan domain berfungsi sebagai alamat atau kunci yang harus diketahui untuk memperoleh atau menemukan file yang disimpan pada server hosting.

Baca Juga :   Bahasa Pemrograman yang Mudah Dipelajari Untuk Pemula

Jenis-Jenis Domain dan Hosting

Ibarat suatu rumah atau hunian, hosting juga memiliki berbagai macam tipe atau jenis. Adapun jenisnya yaitu shared hosting, VPS, dan cloud hosting. Jika diibaratkan sebuah rumah, shared hosting dapat diibaratkan sebagai rumah bersama/ seperti rumah kos-kosan. Karena dalam satu rumah digunakan oleh beberapa orang. Jadi, dalam satu hosting digunakan oleh beberapa domain website. Sedangkan macam- macam jenis domain terletak pada bunyi akhir alamat seperti .com, .id., co.id dan masih banyak yang lainnya.

Bentuk Domain dan Hosting

Selanjutnya yaitu perbedaan domain dan hosting terletak pada bentuknya, hosting berbentuk suatu server yang tersimpan di dalam data pusat sedangkan domain berbentuk nama alamat yang diketikan pada papan pencarian browser.

Nah kita sudah selesai belajar mengenai perbedaan domain dan hosting. Mulai dari bagaimana sistem kerjanya bahkan spesifikasinya dari fungsi, jenis hingga bentuk dari domain dan hosting. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa keduanya sangat terikat satu sama lain, keduanya memiliki fungsi dan cara kerja yang saling melengkapi dan bergantian. Sudah paham mengenai domain dan hosting bukan?. Yuk tunggu apalagi langsung buat akun websitemu sekarang!

admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code