admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Inilah Cara Membuat Multi PHP di Hosting Website

1 min read

Inilah Cara Membuat Multi PHP di Hosting Website – Memiliki website kini bisa dilakukan dengan lebih mudah, kadang satu orang bisa memiliki lebih dari satu website untuk dikelola. Jika Anda memiliki website, umumnya memiliki satu PHP yang sama. Namun bagaimana jika Anda memiliki website dan masing-masing memiliki PHP yang berbeda?

Misalnya, website pertama yang Anda miliki memiliki PHP 6.0 sedangkan website kedua menggunakan PHP 7.0. Umumnya satu website hanya bisa menggunakan satu hosting dan satu hosting hanya bisa digunakan untuk satu jenis PHP.

Berbeda dengan sekarang, hosting menyediakan fitur baru yang membuatnya bisa digunakan oleh dua website dengan PHP yang berbeda, meski dimiliki oleh orang yang sama. Berikut adalah panduan untuk membuatnya yang bisa Anda lakukan.

Ketahui Apa Itu Multi PHP

Bagi yang belum tahu, multi PHP merupakan fitur yang membuat pengguna bisa memiliki beberapa versi PHP yang berbeda dalam satu hosting. Fitur ini dibuat untuk memudahkan pengguna yang memiliki website dengan banyak PHP, sehingga lebih efisien dalam pengelolaannya.

Baca Juga :   Aplikasi Penunjang Keputusan Dengan Metode Datamining Clustering Gratis

Membuat multi php di hosting bisa dilakukan dengan menggunakan layanan tersebut di jasa hosting yang Anda gunakan. Namun belum semua penyedia jasa hosting menyediakannya, jadi akan lebih baik bila Anda bertanya dulu kepada mereka apakah menyediakan fitur tersebut.

Untuk menggunakan fitur ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yakni memiliki website A yang menggunakan subdomain multi1 dengan nama domain dan memakai versi PHP minimal 5.6. Sedangkan syarat kedua memiliki website B dengan versi PHP minimal 7.2 dan menggunakan sub domain multi2.

Cara Membuat Multi PHP di Hosting Website

Persiapkan dulu beberapa syarat berikut ini apabila hendak membuat multi php di hosting, yakni:

  1. Sudah memiliki hosting di tempat Anda menggunakan jasa hosting, jika belum lakukan pemesanan hosting terlebih dahulu.
  2. Buatlah sub domain atau add on domain untuk website dengan PHP yang berbeda.
  3. Ketahui cara penggunaan file manager di control panel dengan benar, sehingga pengaturan bisa dilakukan dengan lebih ringkas dan cepat.

Setelah mempersiapkan beberapa aspektersebut, berikut adalah beberapa langkah panduan yang bisa Anda gunakan, yakni:

  1. Login ke Control Panel
Baca Juga :   Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Stroke Metode C4.5 | PHP & MySQL

Anda harus melakukan login ke cPanel dulu untuk membuat multi php di hosting. Untuk melakukan login, Anda cukup memasukkan nama akun dan kata sandi yang dimiliki dan memasukkannya di kolom yang tersedia.

  1. Pilih File Manager

Jika sudah, di bagian dashboard cPanel, ketikkan File Manager di kolom yang disediakan. Nantinya Anda akan diarahkan menu File Manager untuk melakukan tahapan berikutnya dalam pembuatan multi php.

  1. Masukkan Folder Sub Domain

Jika sudah, cara membuat multi php di hosting adalah dengan memasukkan folder sub domain atau add on domain yang dimiliki. Unggah sesuai dengan ketentuan yang diberikan, sehingga prosesnya cepat selesai.

  1. Membuat PHP Multihosting

Selanjutnya adalah membuat untuk website A dan website B yang dimiliki, masukkan semua data yang dibutuhkan sesuai dengan panduan dari pihak hosting. Jika mengalami kesulitan, jangan ragu untuk bertanya agar bisa segera mendapatkan bantuan.

Demikianlah cara membuat multi php di hosting yang mudah untuk dilakukan, semoga dengan panduan tersebut Anda bisa mengelola dua website berbeda sistem PHP dengan lebih mudah. Jika hanya menggunakan satu akun saja, tentunya budget yang Anda keluarkan juga tidak besar.

Baca Juga :   Sistem Android Untuk Perkuliahan
membuat multi php di hosting

Sumber : domainesia.com

admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code