admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Inilah Cara Memilih Eksistensi Domain yang Tepat Sesuai Kebutuhan

1 min read

Inilah Cara Memilih Eksistensi Domain yang Tepat Sesuai Kebutuhan – Eksistensi pada website merupakan hal yang penting untuk dipertimbangkan. Jika Anda salah menggunakan eksistensi untuk website, target pembaca atau target pasar yang hendak Anda tuju tidak akan bisa didapatkan dengan maksimal.

Ternyata eksistensi website berbeda-beda dan memiliki beragam jenis, Anda bisa memilih salah satu yang sekiranya memang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut ini adalah penjelasan terkait dengan eksistensi website dan cara memilihnya dengan tepat.

Jenis Eksistensi Website

Sebelum mengetahui cara memilih eksistensi domain, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu terkait dengan apa itu eksistensi domain. Eksistensi domain merupakan kata yang disematkan di bagian kanan dari nama domain yang dipakai. Dengan pemakaian eksistensi domain, maka target pasar atau tujuan pembuatan domain bisa dimaksimalkan. Ada beberapa jenis eksistensi pada domain, diantaranya adalah:

  1. GTLD

GTLD merupakan akronim dari generic top level domain, sifatnya general dan bisa digunakan siapa saja. Beberapa eksistensi domain yang masuk ke dalam GTLD adalah sebagai berikut:

  • Eksistensi .com, biasanya digunakan untuk kepentingan komersial.
  • Eksistensi .org, dipakai untuk keperluan lembaga atau organisasi.
  • Eksistensi .net, umumnya dipakai untuk keperluan internet atau network.
  • Eksistensi .biz, biasanya dipakai untuk keperluan bisnis.

Cara memilih eksistensi domain tidak sulit dilakukan, Anda hanya perlu menyesuaikan dengan keperluan website yang hendak dibuat. Anda juga bisa bertanya kepada penyedia layanan jasa hosting untuk memudahkan pemilih eksistensi domain yang hendak dipakai.

  1. CCTLD

Berikutnya adalah CCTLD, ini merupakan eksistensi domain yang didasarkan pada kode negara tempat dimana website tersebut dikelola. CCTLD merupakan akronim dari country code top level domain, beberapa contohnya adalah:

  • Eksistensi .id, ini digunakan untuk domain yang berada di Indonesia.
  • Eksistensi .sg, merupakan domain yang dipakai di Singapura.
  • Eksistensi .us, adalah eksistensi domain yang dipakai untuk negara Amerika Serikat.

Cara memilih eksistensi domain CCTLD adalah dengan mematuhi aturan secara internasional. Terdapat kode yang sudah ditentukan untuk masing-masing negara, sehingga tidak ada bagian negara yang memiliki kode CCTLD dengan alphabet yang sama.

  1. NGTLD

Jenis eksistensi domain berikutnya adalah NGTLD, yang merupakan new generic top level domain. Sama seperti GLTD, NGLTD memiliki sifat general, sehingga bisa digunakan untuk website dengan tema yang sudah ditentukan, beberapa diantaranya adalah:

  • Eksistensi .tech, merupakan eksistensi domain yang digunakan untuk website dengan tema teknologi.
  • Eksistensi .press, umumnya digunakan untuk keperluan jurnalistis, blogger ataupun surat kabar.
  • Eksistensi .site, lebih sering digunakan untuk professional website, personal website, ataupun bisnis online.

Cara memilih eksistensi domain untuk NGLTD adalah dengan menyesuaikan tema website yang dimiliki. Anda bisa melihat beberapa contoh atau panduan eksistensi domain ini di internet atau bertanya langsung pada jasa penyedia hosting.

Top Level Domain di Indonesia yang Banyak Dipakai

Di Indonesia ada beberapa eksistensi domain yang sering digunakan, dengan menggunakan domain tersebut, website yang Anda kelola bisa lebih mudah dikenali, beberapa diantaranya adalah:

  • Eksistensi .ac.id, lebih sering digunakan untuk lingkungan akademik atau perguruan tinggi.
  • Eksistensi .desa.id, umumnya dipakai untuk pemerintah desa.
  • Eksistensi .net.id, merupakan domain yang sering dipakai oleh penyelenggara jasa telekonomuniasi.

Demikianlah cara memilih eksistensi domain yang benar dan sesuai dengan ketentuan. Dengan mengetahui berbagai eksistensi dan cara memilihnya, semoga Anda tidak kesulitan menentukan eksistensi domain yang hendak dipakai.

Cara memilih eksistensi domain

Sumber : domainesia.com

Avatar
admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Secured By miniOrange