admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Cara Mendapatkan Web Hosting Gratis untuk Blogger

1 min read

Cara Mendapatkan Web Hosting Gratis untuk Blogger – Mengelola website memang membutuhkan biaya, utamanya biaya untuk hosting dan juga domain. Namun ternyata ada cara mudah untuk mendapatkan web hosting secara gratis, cocok untuk Anda yang memang baru mulai merambah dunia blogging.

Platform yang direkomendasikan untuk membuat dan mengelola blog secara professional adalah WordPress.com. Platform ini memang terkenal di kalangan blogger karena memberikan kemudahan dalam mengelola berbagai konten.

Menggunakan WordPress

Cara pertama yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan web hosting gratis adalah dengan mendaftar akun di WordPress. Berikut adalah panduan yang bisa Anda gunakan, diantaranya adalah:

  • Membuat Akun WordPress

Buat akun terlebih dahulu, yakni dengan mengakses website WordPress.com, kemudian klik pada menu Start Your Website untuk memulai membuat web ini secara gratis.

Ketika membuat akun, Anda hanya perlu mengisi data e-mail yang dimiliki, username yang hendak digunakan serta kata sandi yang hendak digunakan. Anda disarankan menggunakan akun dari Google untuk kemudahan dalam pendafaran.

  • Pilih Domain yang Ada

Cara selanjutnya untuk mendapatkan web hosting gratis adalah memilih domain yang tersedia. Tentukan nama domain yang hendak digunakan, ada dua layanan yang nantinya disediakan, pilih yang bertuliskan Free atau gratis. Karena Anda ingin mendapatkan hosting gratis, lewati bagian penawara paket, kemudian klik pada Start With a Free Site.

  • Lakukan Setting Tambahan

Setelah menyelesaikan pembuatan domain, langkah selanjutnya adalah melakukan beberapa pengaturan, berikut adalah setting tambahan yang bisa dilakukan, yakni:

  1. Di bagian menu dashboard, pilih Get Started untuk memulai setting tambahan.
  2. Isi informasi mengenai nama website yang hendak digunakan, pilih menu yang tersedia, begitu pula dengan tema web.
  3. Lakukan konfirmasi email yang dimiliki untuk menyelesaikan tahapan pembuatan website.
  4. Jika semua langkah sudah diselesaikan, simpan perubahan dan cek kembali website Anda.

Setelah menyelesaikan langkah tersebut, maka web hosting WordPress gratis Anda sudah siap untuk digunakan.

Menggunakan Local Host

Untuk mendapatkan web hosting gratis selain WordPress, Anda bisa menggunakan Local Host. Pengaturannya mungkin agak rumit, sehingga kurang cocok untuk pemula yang baru terjun di dunia blogging, berikut adalah rincian caranya.

  1. Instal XAMPP

Unduh aplikasi XAMPP sebagai server Anda nantinya, server ini nanti memiliki konsep multiplatform, sehingga cocok untuk mengelola website. Setelah proses instalasi selesai, lakukan pengaturan sesuai dengan panduan yang tersedia.

  • Lakukan Instalasi WordPress

Jika sudah selesai mempersiapkan XAMPP, maka langkah selanjutnya adalah mengunduh WordPress.org, tunggu sampai proses unduhan selesai. Langkah berikutnya adalah memasukkan file WordPress tersebut ke dalam platform XAMPP untuk tahap lanjutan.

Caranya dengan mengekstrak file zip milik WordPress, buka folder XAMPP, kemudian buka folder yang bertuliskan htdcos. Untuk mendapatkan web hosting gratis, langkah selanjutnya adalah menyalin file tersebut.

  • Melakukan Pengaturan My Admin

Jika semua proses selesai, langkah terakhir adalah membuka PHP My Admin untuk pengaturan lanjutan. Akses dengan memasukkan alamat localhost/phpmyadin. Nantinya ada berbagai pengaturan yang harus Anda sesuaikan.

Setelah selesai, langkah terakhir adalah melakukan instalasi pada WordPress yang sudah diunduh sebelunya ke local host. Nantinya Anda sudah bisa mendapatkannya untuk digunakan secara gratis.

Demikianlah dua langkah yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan web hosting gratis. Anda bisa memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi, selamat mencoba mengelola web yang dimiliki!

Sumber gambar: niagahoster.co.id

Avatar
admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Secured By miniOrange