admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Fitur Cpanel Terbaik untuk Mengatur Penyimpanan Hosting

1 min read

Fitur Cpanel Terbaik untuk Mengatur Penyimpanan Hosting โ€“ Hosting merupakan bagian website yang cukup penting, jangan sampai hosting mengalami masalah dan situs yang Anda akses tidakb bisa digunakan dengan baik. Apalagi jika penyimpanannya terbatas, penting untuk segera menghapus data yang menjadi pemicunya.

Mengatur kapasitas dan penyimpanan hosting bisa dilakukan dengan mengikuti beberapa tips berikut ini. Dengan mengikuti tips berikut, Anda bisa mendapatkan penyimpanan hosting yang lebih lega dibandingkan sebelumnya.

Menggunakan Disk Space Usage

Fitur cpanel terbaik yang pertama adalah disk space, fitur ini merupakan fitur yang bisa digunakan untuk mengecek apakah penggunaan space yang dilakukan sudah melewati batas atau tidak. Apabila telah maksimal, fitur ini akan merekomendasikan untuk melakukan manipulasi data yang terdapat di dalamnya.

Jika file yang ada tidak memenuhi kapasitas, terutama email atau log history, Anda bisa memeriksanya secara rinci untuk mengetahui bagian mana yang memiliki penyimpanan paling besar. Untuk menggunakan fitur ini, Anda bisa mengakses login cPanel, kemudian memilih menu Disk Space Usage yang tersedia.

Baca Juga :   Penyedia Domain Terbaik untuk Anda

File Manager

Rekomendasi fitur cpanel terbaik lainnya adalah File Manager, yang merupakan menu file untuk melakukan manipulasi data yang dimiliki oleh server. Fungsinya mirip dengan File Manager yang terdapat di Windows Explorer, yang bisa digunakan untuk membuka direktori file yang sudah dihapus.

Misalnya, Anda menggunakan fitur ini untuk melihat email yang sudah terhapus dengan alamat /home/user/mail, sedangkan untuk melihat data log history yang terhapus bisa menggunakan alamat /home/user/tmp.

Menggunakan Email Account

Jika sebelumnya Anda memiliki akun email dan sudah lama tidak digunakan, maka email tersebut tidak akan terhapus begitu saja. Jika dibiarkan terus menerus, penyimpanan tentu akan penuh dan membuat banyak data tidak bisa dikelola dengan baik. Fitur cpanel terbaik yang bisa digunakan untuk menghapusnya adalah Email Account.

Setelah menemukan menu tersebut di bagian cPanel, langkah selanjutnya adalah melakukan hapus akun email yang tidak aktif. Jangan khawatir, platform ini akan membantu Anda untuk memilih email mana yang masih aktif dan sudah tidak bisa digunakan. Space hosting tentunya akan lebih lega jika data yang tidak digunakan terhapus dari database.

Baca Juga :   Beginilah Cara Membuat Domain Gratis di Freenom

Memakai Spam Experts

Fitur cpanel terbaik selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk mengurangi space di penyimpanan hosting adalah Spam Experts. Email spam jika dibiarkan begitu saja akan membuat kapasitas hosting menjadi penuh, belum lagi jika email tersebut ternyata menyimpan virus atau malware yang berbahaya.

Langkah terbaik adalah dengan menghapus email tersebut dengan menggunakan Spam Experts. Dengan menghapusnya, tidak hanya penyimpanan menjadi lebih lega, pengelolaan data dan bandwith bisa Anda lakukan dengan lebih mudah. Untuk menggunakan fitur ini, Anda bisa menemukannya di cPanel yang Anda gunakan.

PHP My Admin

Apabila Anda menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman, Anda akan mendapatkan fitur PHP My Admin yang bisa digunakan untuk mengelola penyimpanan di hosting. Fitur cpanel terbaik ini bisa Anda gunakan untuk menghapus file dengan ukuran besar, yang biasanya terdapat di database. Fitur PHP My Admin akan membantu Anda dalam mengakses data besar yang terdapat di server.

Itulah beberapafitur cpanel terbaik yang bisa Anda gunakan, nantinya dengan bantuan fitur-fitur tersebut Anda bisa dengan mudah menghapus dan menambah penyimpanan hosting yang dipakai. Jangan ragu untuk bertanya dengan penyedia layanan hosting dan domain yang Anda gunakan untuk informasi yang lebih lengkap.

Baca Juga :   Tips Melakukan Lock dan Unlock Domain Dengan Mudah
Fitur cpanel terbaik

Sumber : dewaweb.com

admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Perbedaan Antar Domain Sub Domain Parked dan Add On Domain

Perbedaan Antar Domain Sub Domai, Parked dan Add On Domain โ€“ Anda yang mengelola website tentu tidak asing dengan domain, domain digunakan sebagai media...
admin
1 min read