admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Ketahui Berbagai Fungsi Control Panel Hosting untuk Web

1 min read

Ketahui Berbagai Fungsi Control Panel Hosting untuk Web – Proses pengelolaan website cukup panjang, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah control panel hosting. Fitur ini digunakan untuk mengelola hosting yang Anda miliki pada website, dengan fitur ini pengelolaan dan setting hosting ataupun website dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Anda yang baru pertama kali mengelola website harus mengetahui terkait dengan control panel hosting. Berikut adalah rincian mengenai pengertian dan fungsi dari control panel hosting. Penggunaannya yang ringkas dan efisien membuat Anda bisa menghemat waktu dan tenaga ketika mengelola website.

Pengertian Contol Panel Hosting

Sebelum mengetahui mengenai fungsi control panel hosting, ada baiknya Anda mengetahui mengenai pengertiannya terlebih dahulu. Control panel hosting merupakan tool untuk membuat Anda lebih mudah dalam melakukan manajerial pada layanan hosting yang dipakai.

Ada banyak pengaturan yang bisa Anda temukan dalam control panel ini, membuat pengelolaan layanan hosting dapat dilakukan hanya dalam satu kali klik. Dengan menggunakan control panel hosting, semua pengaturan yang berkaitan dengan hosting bisa dilakukan dengan lebih modern, dibandingkan sebelumnya yang menggunakan cara manual.

Baca Juga :   Sistem Pakar Diagnosa Leukemia Darah Dengan Certainty Factor (CF) PHP & MySQL

Fungsi Control Panel Hosting

Setelah mengetahui pengertian dari control panel hosting, selanjutnya adalah mengetahui fungsinya, diantaranya adalah:

  1. Manajemen Domain

Untuk melakukan manajerial dan pengaruan pada domain, Anda bisa melakukannya lewat control panel hosting. Manajerial yang bisa dilakukan diantaranya pembaruan domain lama ke domain baru, melakukan editing pada DNS yang dimiliki, hingga melakukan domain forwarding.

Selain fungsi ini yang telah disebutkan, Anda juga bisa menggunakan tools ini untuk pengaturan subdomain, melakukan pendaftaran domain baru dan melakukan pengaturan IP address yang dimiliki. Semuanya bisa dilakukan di satu platform tanpa perlu tambahan tools.

  1. Instalasi Aplikasi Lebih Mudah

Berikutnya adalah proses instalasi yang lebih mudah, Anda bisa melakukan pemasangan layanan WordPress, Joomla ataupun Drupal hanya dengan control panel saja, tanpa tambahan tools yang lain. Hal teknis yang rumit tidak perlu Anda khawatirkan, sebab control panel menyediakan fitur yang cukup lengkap.

  1. Melakukan FTP

Ketika mengelola website, Anda tentu tidak asing dengan aktifitas FTP. Ternyata fungsi control panel hosting yang lain adalah mudahnya melakukan FTP. FTP sendiri merupakan proses transfer dari komputer yang Anda gunakan ke server website yang dimiliki.

Baca Juga :   Sistem Pakar Penentuan Karakter Diri Dengan Metode Forward Chaining dan Certainty Factor PHP & MySQL

Dengan melakukan FTP, Anda juga bisa mengatur file ataupun folder pada website yang dimiliki, membuat pengelolaan data maupun konten dapat dilakukan dengan lebih mudah. Namun sebelum melakukan FTP, ingat untuk mengatur control panel pada hosting terlebih dahulu.

  1. Manajemen File

Anda tentu tidak ingin data dan file yang diunggah untuk website tiba tiba hilang, langkah yang tepat adalah menyimpannya di layanan hosting. Dengan menggunakan control panel hosting, Anda juga bisa melihat file maupun data konten dengan lebih mudah. Fungsi ini tentu membantu blogger yang memang sering melakukan pembaruan konten website.

Selain fungsi diatas, control panel hosting juga digunakan untuk melakukan manajemen email. Anda bisa mengatur email yang digunakan untuk website, melakukan forward email dan mengatur filter spam yang digunakan.

Demikianlah berbagai fungsi control panel hosting yang sebaiknya Anda ketahui, terutama blogger yang memang ingin mengembangkan website yang dimiliki. Pemakaian control panel hosting akan membuat pengelolan dan manajerial website lebih ringkas dan mudah.

Baca Juga :   Begini Cara Mengganti Hostaname pada VPS CentOS 7
Ketahui Berbagai Fungsi Control Panel Hosting untuk Web

Sumber gambar: howtogeek.com

admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code