admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Kelebihan dan Kekurangan VPS vs Cloud Hosting, Pilih Sesuai Kebutuhan!

1 min read

Kelebihan dan Kekurangan VPS vs Cloud Hosting, Pilih Sesuai Kebutuhan! – Ada banyak jenis layanan hosting, yang paling umum dan sering digunakan adalah VPS dan cloud hosting. Keduanya memiliki target pengguna masing-masing, yang nantinya akan membantu pengguna dalam mengelola website.

Anda yang masih awam dengan pengguna layanan hosting, baik berupa cloud hosting ataupun VPS ada baiknya membaca penjelasan berikut ini. Dengan begitu, Anda bisa memilih mana layanan hosting yang sesuai dengan kebutuhan website ke depannya. Pilihan layanan hosting yang tepat juga akan membuat website memiliki performa yang baik.

Kelebihan dan Kekurangan VPS

Aspek pertama dalam perbandingan antara VPS vs cloud hosting adalah penjelasan mengenai VPS. VPS sendiri merupakan layanan server virtual, didedikasikan untuk lembaga atau bisnis tertentu, sehingga bisa dikelola secara mandiri.

Layanan hosting ini umumnya berupa server fisik dengan ukuran yang besar, nantinya kapasitas server yang tersedia akan dibagi menjadi beberapa server virtual dengan ukuran yang lebih kecil, sehingga memudahkan pengelolaan. Meskipun dalam satu server yang sama, server virtual ini tidak saling terhubung antara satu dengan yang lain.

Agar perbandingan antara VPS vs cloud hosting lebih mudah dilakukan, berikut merupakan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh layanan hosting ini, diantaranya:

  1. Kelebihan VPS

VPS bisa di kustomisasi dengan mudah, bebas dan sesuai dengan keinginan yang dimiliki pengguna. Performa yang dimiliki oleh layanan hosting ini juga cukup tinggi, sebab menggunakan server khusus. Sistem keamanan yang dimiliki lumayan baik, sebab menggunakan model online dan offline.

  1. Kekurangan dari VPS

Bukan berarti VPS memiliki kelebihan saja, layanan hosting ini juga memiliki beberapa kekurangan. Perbandingan VPS vs cloud hosting akan lebih rinci dengan menjelasakan kekurangan VPS, yakni ia butuh kemampuan teknis yang tinggi untuk proses operasi. Resiko penurunan performa juga tinggi, apalagi jika ada server yang sedang down.

Kelebihan dan kekuarangan Cloud Hosting

Jika sebelumnya sudah membahas mengenai VPS, maka berikutnya adalah layanan cloud hosting. Cloud hosting merupakan layanan yang bekera dengan beberapa server virtual yang dioperasikan secara bersamaan.

Sesuai dengan namanya, layanan ini memiliki konsep seperti awan yang bertumpuk, servernya bisa ditambah dan dikurangi sesuai dengan kebutuhan. Perbandingan antara VPS vs cloud hosting tentu akan lebih rinci jika membahas mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh layanan hosting yang satu ini.

  1. Keuntungan Cloud Hosting

Layanan ini tidak membutuhkan keahlian teknis yang tinggi, sehingga cocok untuk pengguna pemula. Performa yang dimiliki juga tinggi, apalagi dengan jaminan uptime yang cukup baik. Beberapa layanan cloud hosting juga menyediakan fitur keamanan tambahan yang bisa digunakan.

  1. Kekurangan Cloud Hosting

Perbandingan VPS vs cloud hosting tidak lengkap jika tidak membahas kekurangan layanan hosting satu ini. Untuk cloud hosting, harga yang ditawarkan cuku mahal, apalagi jika dibandingkan dengan VPS, harganya cenderung lebih tinggi. Kustomisasi yang terbatas juga menjadi salah satu kelemahan dari layanan cloud hosting.

Agar tidak salah memilih, ada baiknya Anda menyesuaikan kebutuhan website dengan layanan hosting yang dipakai. Misalnya, jika menyukai pengelolaan secara mandiri, VPS menjadi pilihan yang tepat. Namun jika ingin terima jadi, layanan cloud hosting akan menjadi pilihan yang direkomendasikan.

Demikianlah rincian mengenai perbedaan antara VPS vs cloud hosting, semoga informasi tersebut dapat membantu Anda menemukan layanan hosting yang sesuai dengan kebutuhan website.

VPS vs cloud hosting

Sumber : winetseven.com

Avatar
admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Secured By miniOrange