admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Yuk, kenal Lebih Jauh Tentang Istilah Pada Status Domain!

1 min read

Yuk, kenal Lebih Jauh Tentang Istilah Pada Status Domain – Sebelum kalian mengenal istilahnya, kenal dulu apa itu domain. Kebanyakan dari kalian pasti sudah tidak asing dengan kata domain, namun, juga banyak yang belum mengerti maksud dari domain itu sendiri. Domain merupakan sebuah identitas atau alamat dari suatu website yang dibuat sesorang untuk berbagai macam kepentingan, misalnya untuk e-commerce maupun kepentingan perusahaan.

istilah status pada domain

idcloudhost.com

Dalam domain, terbagi menjadi 2 macam, ada Top Level Domain atau yang disebut dengan TLD dan juga Non TLD.  Top Level Domain ini memiliki lebih banyak penggunanya karena sudah banyak dari kalian yang mengenal tentang TLD ini. Sedangkan untuk non TLD, karena harga yang ditawarkan lebih murah namun kurang bisa menarik para penggunanya.

Berikut Adalah Beberapa Istilah Pada Status Domain

Nah, ketika kalian ingin berencana membeli sebuah domain, kalian tentu harus melakukan pengecekan terlebih dahulu pada status domain dengan melakukan pencarian secara langsung. Jika memang masih ada, maka domain tersebut bisa kalian pesan. Namu, jika kalian tidak menemukannya, itu berarti domain sudah tidak bisa digunakan lagi, karena bisa jadi masa aktifnya sudah habis. Berikut adalah istilah status pada domain yang perlu kalian ketahui:

Baca Juga :   Apa Saja Sih Macam dan Jenis Server?

Active atau Release

Kalian akan menemukan istilah active maupun release pada status domain yang pertama kali muncul, jika status domain tersebut menunjukkan bahwa domain sudah aktif dan belum menjadi pemilik pengguna lainnya, kalian masih bisa bebas untuk membelinya dan melakukan pendaftaran dalam registrar domain dimanapun. Agar domain yang kalian inginkan tidak dibeli oleh orang lain, kalian bisa langsung memesannya saja pada kontak yang disediakan.

Pending

Kalian akan menemukan istilah status pada domain yang satu ini ketika sudah melakukan sebuah pemesanan atas nama domain yang kalian inginkan. Namun, kalian belum melakukan pembayaran, maka status domain kalian akan masuk pada status pending. Jika kalian mengalami suatu kendala ketika menyelesaikan pembayaran ataupun ketika melakukan pengisian data berkas yang diperlukan, kalian bisa menghubungi langsung customer service yang disediakan.

Pending Transfer

Langkah selanjutnya adalah pending transfer yang bisa kalian lihat ketika kalian melakukan proses pemindahan dari domain lama menuju domain yang baru saja kalian beli dalam pengaturan hosting yang kalian miliki. Perlu kalian ingat, bahwa proses dari transfer domain ini memakan waktu yang berbeda pada setiap layanan provider hosting domain yang tersedia. Pastikan ketika kalian melakukan transfer domain ini tidak bebarengan pada transfer hostin.

Baca Juga :   Cara Cek Eror pada Website dengan Benar

Redemption Grace Period

Istilah status pada domain yang satu ini akan kalian temukan dalam masa tenggang kurang dari 30 hari pada domain yang kalian temui. Ini terjadi karena domain tersebut tidak segera diperpanjang pemilik domain yang sebelumnya, sehingga status domain yang tadinya aktif sudah dihapus oleh registrar dan berganti menjadi redemotion grace period. Ini tandanya, domain tersebut tidak akan bisa untuk kalian akses lagi, jadi jika menemukannya langsung saja mencari lainnya.

Bagi kalian para pemilik website, baik itu website e-commerce, website resmi, maupun website blog yang dibuat penulis. Nampaknya, kalian semua harus berhati-hati dalam memilih dan membeli domain yang kalian inginkan. Upayakan tidak mencari domain yang sudah expired. Karena itu akan sangat merugikan kalian dan domain tidak berfungsi lagi.

Semoga informasi mengenai mengenal istilah status pada domain diatas dapat bermanfaat dalam membantu kalian dalam menentukan sebuah pilihan domain yang tepat. Semoga Berhasil!

admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Perbedaan Antar Domain Sub Domain Parked dan Add On Domain

Perbedaan Antar Domain Sub Domai, Parked dan Add On Domain – Anda yang mengelola website tentu tidak asing dengan domain, domain digunakan sebagai media...
admin
1 min read