admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Yuk Kenali fungsi Server dan cara kerja server

1 min read

Yuk Kenali fungsi Server dan cara kerja server! Server adalah wadah utama yang dijadikan sebagai alat penyimpanan data dan pusat dari berbagai macam layanan khusus. Server dapat menyimpan data-data penting yang dibuat untuk nantinya disajikan dalam berbagai macam layanan seperti mengirim dan menerima surel, menampilkan website, blog dan layanan lainnya.

Server memiliki berbagai macam bentuk baik itu hardware, software, ataupun virtual machine. Server yang paling umum dan kita pahami yaitu server yang berupa hardware. Server hardware berupa jejaring komputer yang di dalamnya terdapat prosesor dan Random Acces Memory yang berkapasitas tinggi. Server tersebut dikenal dengan CPU (Control Prosesing Unit)

Artikel ini akan membahas mengenai fungsi server dan cara kerjanya. Server bekerja sesuai dengan perintah atau riques client. Misal pengguna mengetikkan riquest layanan “cara membuat domain gratis”. Browser akan mengirimkan perintah untuk meminta data informasi mengenai cara membuat domain kepada server yang menjadi wadah penyimpanan data. Server akan mencari alamat IP website dan kemudian menampilkan informamsi yang diminta ke layar browser.

Baca Juga :   Project PHP dan MySQL Monitoring Usaha Tani

Fungsi-Fungsi Pokok Server

Fungsi server

Nesabamedia.com

Berikut adalah 5 fungsi utama server yang sebaiknya Anda pahami.

  1. Merespond permintaan perangkat pengguna /client.

Server akan melayani segala jenis instruksi atau permintan yang diberikan oleh client dan memprosesnya dengan cepat dan akurat.

  1. Alat penyimpanan data informasi

Fungsi server yang selanjutnya yaitu sebagai pusat penyimpanan data. Data – data yang dikirim client akan disimpan di dalam servr, adapun jenis data yang disimpan dapat berupa dokumen, gambar, atau kombinasi keduanya.

  1. Penyedia database

Server juga difungsikan sebagai penyedia database yang bisa dioperasikan untuk menyimpan dan mengolah data. Semua data yang disimpan dalam database ini dapat diolah, digunakan dan diakses oleh para pengguna.

  1. Mengatur lalu lintas transfer data atau file

Fungsi server selanjutnya yaitu sebagai polisi lalu lintas yang mengatur jalannya data. Server akan semakin sibuk jika terdapat banyak client yang mengajukan permintaan. Maka dari itu server harus memiliki kapasitas penyimpanan da RAM yang besar agar tetap memiliki kinerja yang cepat dan maksimal meskipun banyak yang mengakses.

Baca Juga :   Sistem Pakar Untuk Status Kesehatan Ibu Hamil

Mungkin kalian sering menjumpai istilah server down, server down adalah ketidakmampuan server untuk merespond permintaan client. Server down seringkali dijumpai pada situs yang sedang sangat ramai dikunjungi, lalu lintas data yang sangat ramai namun tempat yang dimiliki sangat sempit sehingga terjadi kemacetan data. Begitulah gambaran jika server tidak memiliki kapasitas penyimpanan yang besar maka akan terjadi server down.

  1. Mengamankan dari serangan malware

Fungsi server yang selanjutnya yaitu memberikan proteksi pada perangkat atau website yang dimiliki dari ancaman attacker. Ketika ada permintaan layanan yang dikirim oleh client, server akan memeriksa alamat IP yang dituju. Jika terdapat ancaman atau informasi yang mencurigakan maka IP akan mencegah akses alamat tersebut. Biasnya server juga akan memberikan pemberitahuan dan option kepada client untuk tetap melanjutkan permintaan atau tidak.

Server menjadi pusat penyimpanan data dan juga memberikan proteksi untk menjamin kemanan data.

Penjelasan di atas semoga cukup memberikan pemahaman mengenai fungsi server dan cara kerja server secara detail. Semoga kalian semua terbantu dengan informasi yang disediakan dan jangan lagi keliru untuk membedakan cara kerja dan fungsi dari server ya teman-teman!

admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code