admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Ketahui Periode Penting Siklus Masa Aktif Domain

1 min read

Ketahui Periode Penting siklus Masa Aktif Domain – Perlu kalian ketahui, bahwa domain termasuk dari salah satu komponen paling penting yang memiliki banyak manfaat ketika kalian membuat website. Karena, selain untuk identitas atau alamat dari akses sebuah website yang akan kalian gunakan untuk kesuksesan website kalian, nama domain ini juga dapat digunakan sebagai bentuk branding dari diri kalian sendiri maupun dari bisnis yang kalian miliki.

siklus dari masa aktif domain

Niagahoster.com

Ketika kalian membuat sebuah nama domain, buatlah penamaan dari domain itu sendiri dengan kata yang unik dan berbeda dari domain yang lainnya. Namun, kalian harus tetap membuat nama domain yang mudah untuk dikenali server itu sendiri. Agar nama domain kalian bisa muncul pertama kali dalam mesin pencarian di sebuah browser. Kalian tentu tidak akan bisa membuat dua nama domain dengan ekstensi sama. Jadi, kalian harus bisa memperhatikan masa aktifnya.

Apa Saja Macam-Macam Siklus Masa Aktif Domain?

Domain yang akan kalian buat, memiliki masa aktifnya sendiri. Masa aktif domain paling minimal satu tahun. Jadi, sebelum satu tahun itu habis, kalian harus melakukan perpanjangan pada domain di tahun kemudian, agar domain yang kalian miliki tidak mengalami expired atau akan hilang karena dihapus oleh registrar dan menyebabkan status domain kalian akan berubah menjadi available. Berikut adalah macam-macam siklus masa aktif domain yang perlu di ingat:

Baca Juga :   Ketahui Cara Menambahkan Add On di Domain dengan Mudah

Auto Renewal atau Expired

Periode dari auto renewal atau yang biasa kalian kenal dengan expired adalah periode masa aktif dengan jangka panjang hanya 40 hari. Dalam auto renewal ini, domain sudah dalam keadaan setup antara 35-40 hari semenjak  tanggal berakhirnya domain. Jadi, domain bisa dikatakan status renew menjelang hari tersebut. Jika kalian ingin melakukan perpanjangan, bisa dilakukan dalam periode antara 35 sampai 40 hari tersebut

Redemtion Peroid

Dalam siklus masa aktif domain redemtion peroid ini, domain sudah dam keadaan setup 30 hari dari masa berakhirnya auto renewal seperti yang dijelaskan di atas tadi. Diantara tanggal berakhirnya domain ditambah dengan 35 hari periode auto renewal ditambah pula 30 hari periode redemtion, maka status domain  dikatakan dalam keadaan pending delete. Dalam siklus ini, domain tidak akan bisa kalian akses karena akan dihapus oleh sistem pada hosting.

Pending Delete

Tahukah kalian, bahwa masa dari pending delete hanyalah lima hari? Jika domain kalian sudah berada dalam tahap pending delete, maka kemungkinan pemilik domain melakukan perpanjangan baik itu renew maupun restore tidak ada lagi. Namun, domain akan kembali tersedia dalam tulisan available bagi kalian yang melakukan pendaftaran sebagai pemilik domain setelah 7 hari dari pending delete tersebut berakhir. Kalian harus mendaftarkan diri lagi.

Baca Juga :   Menjaga Hosting Dan Domain Agar Tetap Aman 2021

Setelah kalian memahami semua informasi terkait siklus dari masa aktif domain yang sudah dijelaskan di atas, di harapkan kalian benar-benar bisa memperhatikan kapan domain akan expired.  Terutama bagi kalian yang ingin membeli domain, pilihlah domain dengan keadaan unggul untuk bisa kalian pakai kedepannya. Perhatikan juga semua yang berkaitan dengan penanganan dari domain agar website yang kalian buat dapat berjalan sesuai keinginan.

Semoga, informasi mengenai siklus dari masa aktif domain di atas dapat bermanfaat dan membantu kalian semua baik dalam menangani masalah pencarian domain yang tepat dan juga sebagai pengingat bagi kalian dalam merawat domain, karena kedepannya domain itulah yang akan jadi identitas dari website yang kalian buat. Semoga Sukses!

admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code