admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Kumpulan Jenis Top Level Domain Paling Populer

1 min read

Kumpulan Jenis Top Level Domain Paling Populer – Sebuah elemen yang berada tepat setelah tanda titik atau yang kita kenal dengan nama “dot” pada bagian paling akhir disebut dengan Top Level Domain yang biasa disingkat menjadi TLD. Top level domain yang berada pada domain bisa disebut juga dengan suffix. Lebih ringkasnya, TLD merupakan sebuah segmen paling akhir dari nama domain.

jenis Top Level Domain

Tomojikan.com

Top Level Domain berfungsi membantu kita dalam mengidentifikasi website dari suatu unsur tertentu. Misalnya seperti negara asal, website sekolah, jenis usaha dan masih banyak lagi. Memilih eksistensi domain dinilai sangat penting karena akan digunakan sejalan dengan bisnis dalam website yang Anda jalankan. Memilih eksistensi harus bergantung pada suatu organisasi, style atau bisnis ciri khas Anda.

Jenis-Jenis TLD yang Paling Sering Muncul

Karena adanya kelonggaran guideline pada tahun 2010 yang dilakukan oleh The Internet Corporation for Assigned Names and Number (ICANN), terutama merek dagang yang pada perusahaan membuat Domain Name System melakukan layanan komputer, sumber daya dan juga layanan online dapat terkoneksi langsung ke internet. Untuk memudahkan Anda mengenal TLD lebih dalam, berikut adalah  jenis TLD yang perlu Anda ketahui :

Baca Juga :   Portal Berita Berbasis Human Centered Design

General Top Level Domain

General Top Level Domain biasa disingkat dengan gTLD merupakan sebuah eksistensi domain yang digunakan secara umum oleh masyarakat sesuai ketentuan dari setiap para penyedia domain tersebut. Ada beberapa eksistensi domain yang dapat pakai pada situs website yang Anda buat. Diantaranya ada .com eksistensi yang paling sering digunakan karena dapat dipakai berbagai macam tujuan, .edu yang digunakan dalam lembaga pendidikan. .net yang digunakan berbisnis, .org untuk organisasi non-profit, .co dan .biz untuk perusahaan.

Sponsored Top Level Domain

Sponsored Top Level Domain biasa disingkat dengan sTLD merupakan jenis Top Level Domain yang sering digunakan pada perkumpulan atau agensi dan juga organisasi. sTLD dibagi menjadi beberapa bagian lagi dengan fungsinya masing masing. Contohnya .tv yang dipakai stasiun televisi online, .me yang digunakan untuk proyek personal branding, .io digunakan perusahaan teknologi, .name yang digunakan dalam website individu sedangkan untuk .expert dan .guru memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menyampaikan otoritas terkait apek spesifik.

Baca Juga :   Aplikasi Untuk Sistem Pembayaran

Country Code Top-level Domain

Biasa disingkat dengan ccTLD. Dalam ccTLD terdapat kode ISO wilayah atau lokasi pada suatu domainnya. Kode iso sendiri merupakan kumpulan dua huruf yang biasa dipakai tanda untuk nama suatu wilayah maupun negara Contoh dari TLD misalnya .es yang berarti Spanyol, .us yang berarti Amerika Serikat, .nl yang berarti belanda dan masih banyak yang lainnya.

Infrastruktur Top-level Domain

Infrastruktur Top-Level Domain  merupakan jenis TLD yang hanya memiliki satu bagian, yaitu APRA. APRA sendiri merupakan domain yang disediakan IANA untuk Internet Engineering Task Force atau iEFT. Insfratruktur Top Level Domain hanya dipakai sebagai pengelola isu teknis dari suatu insfratruktur.

Setelah mengetahui jenis-jenis Top Level Domain diatas, Anda juga perlu tahu TLD ditujukan untuk mengidentifikasi baik suatu lokasi geografis situs website, pemilik akun website, maupun tujuan website itu dibuat tanpa harus melihat terlebih dahulu konten didalam situas web tersebut. TLD dirancang dengan sangat baik sehingga sangat membantu masyarakat dalam mencari website yang benar benar dibutuhkan.

Baca Juga :   Sistem Pakar Diagnosa Penyakit DBD

Semoga informasi  diatas dapat membantu anda dalam memahami mengenai jenis TLD. Semoga sukses!

admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code