admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Lakukan Pengecekan Status pada Domain Name Server

1 min read

Lakukan Pengecekan Status pada Domain Name Server – Mengapa kalian harus melakukan pengecekan pada status domain secara rutin? Sebenarnya, terdapat banyak alasan untuk kalian, mengapa kalian harus melakukan pengecekan pada status domain name server tersebut salah satunya ketika kalian baru saja menindahksn hosting provider alam menuju hosting provider yang baru saja kalian buat.

pengecekan domain name server

Niagahoster.com

Perlu kalian ketahui, bahwa layanan pada hosting yang saat ini kalian gunakan, telah menyediakan sebuah name server. Hal itu menjadi alasan untuk kalian bisa melakukan tindakan rutin dalam update name server, apalagi ketika kalian melakukan transfer pada name domain ke dalam hosting pada provider baru yang kalian miliki. Kalian sudah disiapkan layanan untuk mengantisipasi adanya masalah pada name server, jadi alangkah baiknya untuk dimanfaatkan.

Langkah Dalam Melakukan Pengecekan Pada Domain Name Server

Dalam artikel ini, kalian bisa mempelajari langkah demi langkah dalam melakukan pengecekan pada status domain name server yang kalian miliki, untuk memastikan bahwa status sebuah pointing dalam name server sudah benar. Kalian bisa menggunakan menu tool WHOIS lookup ataupun menu system console kalian. Berikut ini adalah langkah demi langkah yang dapat kalian lakukan untuk  pengecekan domain name server yang kalian miliki.

Baca Juga :   Tips Akurat Mengetahui Pemilik Domain Untuk Membelinya

Lakukan Pencarian Name Server dalam Web Hosting

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan melakukan pencarian pada name server yang kalian miliki dalam web hosting kalian sendiri. Lakukan akses pada control panel hosting guna melihat lebih detail name server milik kalian. Tekan menu Accounts lalu klik tulisan “Detail”. Kalian bisa mengarahkan kursor pada bagian name server dan catatlah semua name server kalian secara detail. Jika tidak menemukannya, kontak customer supportnya.

Pilih Menggunakan Tool WHOIS Lookup Juga

Jika sudah mencari name server salam web hosting, lantas mengapa harus mencari name server menggunakan tool WHOIS lookup juga? Hal ini digunakan sebagai pembanding dan guna mengetahui status pengecekan domain name server. Tool WHOIS Lookup memiliki banyak jenis yang disediakan untuk membantu kalian ketika ingin menemukan domain name server. Tulislah nama domain kemudian tekan ikon bertuliskan search dan detail name domain akan muncul.

Teliti Perbandingan Name Servernya

Setelah kalian melakukan pengecekan  antara name server dengan dua cara yang berbeda di atas tadi, kalian bisa melakukan perbandingan kedua name server yang telah kalian temukan dalam web provider  hosting dan tool WHOIS Lookup  tersebut. Setelah itu, jika kalian mendapatkan detail keduanya sama, itu berarti kalian telah melakukan setup dengan tepat dan benar dalam akun hosting yang kalian gunakan. Jika berbeda, kalian bisa menghubungi layanan hosting.

Baca Juga :   Ketahui Apa Itu Propagasi Domain untuk Website

Selain menggunakan langkah pengecekannya di atas, sebenarnya kalian juga bisa melakukan pengecekan name server tersebut menggunakan system’ console. Namu, cara tersebut dinilai lebih rumit dari pada pengecekan yang dijelaskan di atas tadi. Ketika kalian melakukan pengecekan, bisa saja kalian akan menemui masalah umum yang terjadi, misalnya saja kalian tidak berhasil menemukan value name server.

Kalian bisa menghubungi pihak service atau layanan dalam hosting yang di sediakan jika mendapati kendala-kendala di dalamnya. Setelah kalian mempelajari bagaimana langkah demi langkah melakukan pengecekan status pada name server yang kalian miliki, semoga kalian bisa menerapkannya secara langsung.

Di atas adalah informasi mengenai langkah melakukan pengecekan status domain name server yang dapat kalian terapkan, semoga dapat membantu permasalahan kalian dan semoga berhasil!

admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Perbedaan Antar Domain Sub Domain Parked dan Add On Domain

Perbedaan Antar Domain Sub Domai, Parked dan Add On Domain – Anda yang mengelola website tentu tidak asing dengan domain, domain digunakan sebagai media...
admin
1 min read