admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Langkah Menangani Problem Dalam DNS

2 min read

Langkah Menangani Problem Dalam DNS – Ketika kalian sedang dalam keadaan seru bermain dan bereselancar dalam dunia maya, kalian tentu pernah mengalami yang namanya masalah koneksi didalam mengakses hal apapun dalam Internet, termasuk mengakses website. Karena, masalah koneksi ini tidak bisa diperkirakan kapan akan terjadi, namun semua orang tentu sudah pernah mengalaminya, sehingga hal seperti ini sudah dianggap biasa.

menangani problem dalam DNS

Niagahoster.com

Namun, bagaimana jika kalian sebagai pamilik website yang baru mengetahui ada masalah didalamnya? Misalnya, ketika kalian ingin mengecek dan mengontrol website, dan memasukkan link URL dengan benar, namun yang muncul pada halaman website kalian malah tulisan DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN. Apa yang terjadi pada website kalian?  dan Bagaimana cara menangani problemnya?

Langkah yang Dapat Kalian Lakukan Jika Mengetahui Problem dalam DNS

Sebenarnya, langkah yang dapat kalian lakukan ketika mengetahui bahwa dalam website kalian terdapat orobel dalam DNS cukup mudah. Namun, hal ini hanya berlaku bagi kalian yang sudah memahami berbagai masalah, baik  dalam penggunan komputer maupun dalam beberapa bagian konfigurasi yang terdapat dalam browser kalian.  Problem di atas bisa muncul dikarenakan adanya masalah pada koneksi DNS, berikut adalah  langkah menangani problem dalam DNS:

Baca Juga :   Inilah Langkah Mengarahkan Domain ke IP Berbeda

Penanganan Menggunakan Windows

Jika kalian mengetahui adanya tulisan yang mengatakan bahwa DNS kalian sedang mengalami masalah, kalian bisa segera membuka Release and Review IP Address pada Windows yang kalian miliki. Karena, beberapa kasus yang terjadi ketika DNS mengalami problem, bisa jadi itu karena adanya masalah dari DNS server kalian. Jadi, kalian harus memperbarui alamat pada IP perangkat yang kalian gunakan. Selain itu, juga melakukan tindakan flushing DNS cache.

Buka Menu Command Prompt Dalam Windows

Langkah menangani problem dalam DNS yaitu dengan membuka menu Commant Prompt yang ada dalam Windows kalian. Kalian tenang saja, karena windows berapapun yang terdapat dalam laptop bisa kalian gunakan. Silahkan buka dengan menyentuh lambang logo windows dalam keyboard dan juga huruf “R”. Kemudian tuliskan “cmd”  kemudian kalian bisa langsung menekan tombol enter dalam keyboard.

Melakukan Pengecekan pada IP yang Sekarang

Langkah berikutnya adalah dengan melakukan pengecekan pada IP yang kalian miliki saat ini dalam, Command Prompt kalian bisa mengetik “ipconfig/release” pada kolom pencarian yang ada di atas layar, kemudian kalian bisa menekan tombol enter. Tindakan tersebut dapat membuat alamat IP yang kalian miliki saat ini muncul dalam layar dan IP inilah yang sedang kalian pakai dalam perangkat yang kalian gunakan

Baca Juga :   Penyedia Domain Terbaik untuk Anda

Lakukan Tindakan Flush pada DNS Cache

Langkah menangani problem dalam DNS yang selanjutnya adalah dengan kalian melakukan sebuah tindakan flush pada DNS Chache yang kalian miliki sebelumnya, ini merupakan langkah pembersih dalam cache yang ada di DNS kalian. Caranya, dengan kalian mengetikkan tulisan “ipconfig/flushdns”, jika sudah kalian bisa menyentuh tulisan enter. Langkah ini akan membuat catatan DNS cache dalam perangkat lokal kalian terhapus.

Kalian Bisa Menambahkan Lagi Alamat IP

Setelah beberapa langkah di atas sudah berhasil kalian lakukan, kalian tentu akan dibuat kehilangan sebuah koneksi dan alamat IP sebelumnya. Namun, jangan khawatir. Kalian bisa menambahkan lagi alamat IP dalam sebuah perangkat yang kalian miliki dengan menuliskan sebuah perintah “ipconfig/Renew”, jika sudah sentuh tombol enter dan tunggu alamat IP kalian sudah berhasil memperbarui.

Selesai! Jika kalian sudah melakukan tahap demi tahap penjelasan menangani problem dalam DNS di atas tadi, sampai di sini tandanya kalian sudah berhasil dan mendapatkan sebuah alamat IP yang baru. Problem di atas biasanya terjadi karena DNS yang merupakan sistem penghubung antara suatu browser dan server pada website yang memiliki tugas sebagai pengarahan dalam pencarian website mengalami problem.

Baca Juga :   Lakukan Pengecekan Status pada Domain Name Server

Semoga, informasi mengenai langkah menangangi problem dalam DNS di atas,   diatas dapat bermanfaat dalam membantu kalian menangani masalah tersebut.  Semoga Berhasil!

admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code