admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Inilah Langkah Mengarahkan Domain ke IP Berbeda

1 min read

Inilah Langkah Mengarahkan Domain ke IP Berbeda – Mengelola domain pada website memang tidak mudah, harus dilakukan dengan teliti agar tidak terjadi kesalahan pengelolaan. Apalagi jika domain dan server yang dimiliki menggunakan layanan yang berbeda, ini tentu perlu diperhatikan dengan seksama.

Domain ternyata dapat diarahkan ke alamat yang berbeda, khususnya IP dengan server yang beda tempat. Untuk mengetahui berbagai langkahnya, berikut adalah cara cara yang harus Anda lakukan.

Persiapan Pindah Sub Domain IP Berbeda

Untuk mengarahkan domain ke IP berbeda, ada beberapa aspek yang perlu dipersiapkan, yakni:

  • Pastikan domain yang Anda miliki sudah aktif, jika belum aktifkan terlebih dahulu.
  • Sesuaikan eksistensi domain dengan kebutuhan, sehingga penggunaannya dapat dimaksimalkan.
  • Tentukan alamat IP yang hendak diarahkan ke sub domain, biasanya merupakan alamat IP milik VPS yang digunakan.

Jika sudah menyelesaikan berbagai aspek diatas, Anda siap melakukan pengarahan domain website yang dimiliki ke sub domain dengan IP yang berbeda.

Cara Mengarahkan Sub Domain dengan IP Berbeda

  1. Login Client Area
Baca Juga :   Tips Mengamankan Domain untuk Para Pemula

Cara pertama adalah dengan melakukan login ke client area yang digunakan, caranya dengan memasukkan kata sandi dan nama akun yang dimiliki. Akun tersebut harus sesuai dengan akun yang dimiliki ketika melakukan pendaftaran ke client area sebelumnya.

  • Pilih Domain

Cara mengarahkan domain ke IP berbeda selanjutnya adalah memilih domain yang dibutuhkan. Anda bisa memilih domain yang mana saja sesuai dengan kebutuhan, berikan tanda centang pada domain yang dipilih. Setelahnya Anda bisa melakukan klik pada domain tersebut untuk melanjutkan ke tahapan berikutnya.

  • Tambahkan A Record

Langkah berikutnya adalah menambahkan A Records, untuk proses rincinya, ikuti panduan berikut ini:

  • Pilih tab yang bertuliskan Addons.
  • Lanjutkan dengan melakukan klik ke menu DNS Zone Manager, kemudian klik Manage DNS.
  • Apabila Anda ingin menambahkan record baru, cukup dengan melakukan klik pada opsi Add New Record.
  • Jika nama domain yang hendak digunakan sudah tersedia, cukup klik Edit di menu yang tersedia.
  • Pada bagian Type, pastikan tertulis A Records, di bagian kolom Destination isikan alamat IP yang hendak dituju.
  • Semua langkah diatas jika sudah selesai tinggal menyelesaikan dengan melakukan klik pada Appl Modification.
  • Domain Sudah Berhasil Dipindahkan
Baca Juga :   Tips Melakukan Lock dan Unlock Domain Dengan Mudah

Cara mengarahkan domain ke IP berbeda sudah selesai dilakukan. Anda kini bisa mengarahkan domain, hosting ataupun VPS yang Anda miliki meskipun berbeda tempat. Agar tidak terjadi perubahan setting, pastikan name server yang digunakan sudah sesuai, yakni use default namservers.

Proses pemindahan dan pengarahan domain ke IP yang berbeda memang cukup mudah untuk dilakukan, namun tidak semua orang bisa melakukannya. Apalagi jika ia merupakan blogger pemula, tiap langkahnya harus dipastikan dilakukan dengan baik.

Apabila Anda mendapatkan masalah dalam pengarahan domain atau pengelolaan domain, akan lebih baik jika menggunakan jasa pindah domain atau layanan sejenis. Dengan menggunakan jasa tersebut, tentunya Anda tidak akan kesulitan apabila hendak mengeloa, memindahkan domain atau sekedar mengarahkannya ke IP yang berbeda. Tim yang akan memindahkan tentu tahu apa yang harus dilakukan.

Demikianlah cara mengarahkan domain ke IP berbeda yang bisa Anda lakukan. Semoga dengan informasi tersebut Anda tidak mengalami kesulitan jika hendak melakukannya. Dengan pemindahan yang tepat, data yang dimiliki domain dan website tidak akan hilang, traffic yang dimiliki juga tetap stabil dan kemungkinan akan terus naik ke depannya.

Baca Juga :   Cara Cek Eror pada Website dengan Benar

Sumber gambar: domainesia.com

admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Perbedaan Antara Nama Domain dan Web Hosting

Perbedaan Antara Nama Domain dan Web Hosting. Situs web terdiri dari file seperti halaman HTML, perangkat lunak pembuat situs web, gambar, dan banyak lagi....
admin
1 min read

Tips Melakukan Lock dan Unlock Domain Dengan Mudah

Tips Melakukan Lock dan Unlock Domain Dengan Mudah harus mengikuti beberapa panduan yang telah ditetapkan. Dengan demikian, akan dihasilkan lock dan unlock domain yang...
admin
1 min read