admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Ini Dia Macam-Macam Status Domain yang Harus Diketahui

1 min read

Ini Dia Macam-Macam Status Domain yang Harus Diketahui! Pernah dengar istilah domain? Jika iya, selamat. Setidaknya kali ini kamu bisa mengikuti pembahasan artikel ini dengan nyaman. Nah, bagi kamu yang bahkan baru pertama mengenal istilah domain, jangan khawatir, pembahasan ini juga akan membahas apa itu domain dan dibawakan dengan santai, sehingga mudah sekali dipahami.

Domain bisa dikatakan sebagai alamat. Ibarat rumah, kalian membutuhkan domain agar bisa sampai ke rumah yang dituju itu. Dengan demikian, sudah bisa membayangkan, ya, bahwa domain juga sama pentingnya dengan komponen perangkat lunak lainnya pada sebuah website. Untuk jenis domain sendiri juga beragam, mulai dari yang harganya murah hingga mahal.TLD dan non TLD.

Tidak hanya itu saja, domain rupanya juga memiliki status yang harus kamu perhatikan dengan baik. Memperhatikan status domain ini tidak lain agar kamu tahu bahwa domain tersebut masih berfungsi atau tidak. Selain itu, dengan membaca artikel ini juga akan membantu kamu yang kadang kaget atau khawatir karena sudah membeli domain mahal namun statusnya masih belum berubah.

Baca Juga :   Tips Menjalankan Flask Pyton di Hosting

Nah, untuk bisa melakukan pengecekan terhadap informasinya, maka kamu bisa langsung masuk pada area klien milik domainesia melalui my.domainesia.com untuk kemudian memilih menu domains. Nantinya, data status domain yang kamu inginkan akan muncul secara lengkap, mulai dari masa aktivasi, kapan exp domain, hingga status aktivasinya.

Pending

Status domain ini akan muncul apabila kamu sudah melakukan pemesanan atau bahkan booking domain namun invoice yang diberikan belum kamu lunasi. Selain terkendala pada pembayaran, yang menyebabkan pending adalah tidak adanya upload dokumen atau domain yang belum divalidasi oleh PANDI.

Ada hal menarik dari status pending domain ini, yaitu, beberapa domain yang perlu upload dokumen seperti domain .co.id, .or.id, .ac.id, .sch.id, .ponpes.id, dan .web.id. Jika kamu belum upload persyaratan dokumen dari masing-masing domain tersebut maka status domain akan Pending.

status domain

         Sumber: Hosteko.com

Pending Transfer

Status domain milik kamu akan menampilkan notifikasi pending Transfer apabila kegiatan transfer domain belum selesai. Bagi kamu yang bingung dengan istilah ini, kamu bisa membacanya di laman internet. Akan lama sekali jika kita harus membahas poin pending Transfer ini juga.

Baca Juga :   Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Gigi

Aktif

Domain akan aktif apabila pembayaran invoice telah lunas. Kemudian juga apabila kamu sudah menyelesaikan semua persyaratan upload dokumen. Jangan lupa juga untuk melakukan konfirmasi pembayaran agar aktivasi domain milik kamu segera diproses.

Expired

Setelah masa aktif domain habis, dan milik kamu akan menampilkan notifikasi kadaluarsa alias expired. Domain expired terdiri dari 2 bagian yaitu Grace (Expired) dan Expired.

  • Grace Expired

Status ini biasa disebut dengan nama lain masa tenggang. Kamu akan menerima notifikasi pada tiga puluh hari sebelum domain benar-benar kadaluarsa. Nah, disini kamu masih bisa memperbaharui status domain kamu dengan memperoanjangnya. Apabila setelah tiga puluh hari dan tidak diperpanjang, maka domain akan benar-benar masuk masa expired.

  • Expired

Tiga puluh hari setelah masa tenggang, domain akan memasuki masa kadaluarsa. Tidak banyak yang bisa kamu lakukan jika sudah seperti ini. Tapi tenang, kamu masih bisa memperbarui domain kamu agar aktif kembali. Hanya saja kendala ada pada biaya. Fee untuk mengaktifkan ulang domain expired adalah sepuluh kali lipat dari harga biasa. Mahal, bukan?

Baca Juga :   Aplikasi IoT Smart Meter Dengan Monitoring Website

Nah, setelah tahu apa saja status domain, jangan lupa untuk sering mengecek kapan masa aktif domain milikmu akan habis. Semoga bermanfaat, ya!

admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code