admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Mengatasi Lupa Password untuk WordPress, Ini Langkah-Langkahnya!

1 min read

Mengatasi Lupa Password untuk WordPress, Ini Langkah-Langkahnya! – Platform WordPress memang sering digunakan untuk melakukan berbagai aktifitas blogging, bisnis dan lainnya. Platformnya yang mudah digunakan membuat WordPress direkomendasikan oleh blogger, terutama yang ingin mengambil langkah professional.

Untuk melakukan login ke situs WordPress, Anda membutuhkan akun yang akan membantu Anda mengelola berbagai data hingga konten yang hendak diunggah. Namun apa yang terjadi jika Anda sibuk dan tidak bisa lagi mengakses website WordPress Anda? kemungkinan lupa sandi adalah hal yang umum ditemukan.

Untuk mengatasi hal tersebut, berikut adalah cara mengatasi lupa password untuk wordpress. Dengan mengikuti panduan tersebut, Anda bisa menggantinya dengan password baru dan melakukan pemulihan akun.

Berbagai Cara Mengatai Lupa Password WordPress

  • Menggunakan Reset Password

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah melakukan reset password melalui halaman login yang tersedia. Langkah yang tepat untuk melakukan reset password adalah sebagai berikut:

  1. Akses akun Anda dengan menu login yang tersedia.
  2. Di bagian bawa kolom pengisian sandi, Anda akan menemukan opsi lost your password.
  3. Isikan email yang Anda gunakan dan berkaitan dengan website WordPress yang Anda gunakan.
  4. Jika sudah, Anda akan mendapatkan email mengenai pemulihan akun dan penggantian password.
  5. Ikuti cara yang tersedia di email tersebut sebagai langkah mengatasi lupa password untuk wordpress.
  6. Setelah menyelesaikan tahapan tersebut, Anda bisa melakukan login dengan password yang baru.
  • Menggunakan PHP My Admin

Cara lain yang direkomendasikan untuk mengatasi password wordpress Anda yang hilang adalah dengan menggunakan PHP My Admin. Jika Anda mengingat password untuk masuk cPanel, Anda bisa menggunakan langkah berikut ini agar bisa login kea kun WordPress.

  1. Masuk kea kun cPanel yang Anda miliki, kemudian masukkan akun dan kata sandi yang digunakan.
  2. Masuk ke bagian file manager, disana Anda akan menemukan opsi Public_html.
  3. Carilah file dengannamawp-config.php, kemudian lanjutkan dengan melakukan view dan edit.
  4. Cara mengatasi lupa password untuk wordpress berikutnya adalah melihat opsi DB_Name yang tersedia. Lanjutkan dengan masuk ke PHP My Admin untuk melihat database yang tersedia.
  5. Klik table_users untuk melihat daftar user yang ada.
  6. Anda akan melihat list pengguna yang terdaftar, berikan tanda centang pada kata sandi pengguna yang hendak direset. Klik edit untuk melanjutkan.
  7. Masukkan kata sandi baru yang hendak digunakan di bagian kolom value di bagian user_pass.
  8. Pada bagian function, ubah menjadi MD5.

Langkah tersebut sudah selesai, Anda hanya perlu melakukan klik Go untuk menyelesaikan tahapan mengatasi lupa password untuk wordpress. Nantinya Anda bisa melakukan login ke wordpress dengan username dan kata sandi yang baru.

Mungkin Anda bertanya-tanya kenapa menggunakan MD5 Hash, sebab MD5 merupakan versi terbaru untuk MYSQL. MD5 juga digunakan sebab mendukung default untuk semua platform, baik Windows ataupun Mac OS.

Teknis untuk mengatasi lupa password untuk wordpress memang cukup panjang, karena itu pastikan Anda mengingat password domain yang Anda gunakan. Apabila Anda hendak membuat password baru, pastikan menggunakan berbagai kombinasi alphabet yang sulit untuk ditebak.

Demikianlah berbagai cara mengatasi lupa password untuk wordpress yang bisa Anda lakukan. Dengan informasi tersebut, jika Anda mengalami masalah mengenai login dan lupa kata sandi wordpress, Anda bisa memilih salah satu cara yang sesuai dengan preferensi.

mengatasi lupa password untuk wordpress

Sumber gambar: dewaweb.com

Avatar
admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Managed WordPress Hosting Dapat Meningkatkan Bisnis Anda

Managed WordPress Hosting Dapat Meningkatkan Bisnis Anda. Menjalankan blog atau situs WordPress bukanlah permainan yang mudah. Anda harus mengurus semua konten, pemasaran, desain situs,...
Avatar admin
1 min read

Secured By miniOrange