admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Mengenal Database Managemen System untuk Domain

1 min read

Mengenal Database Managemen System untuk Domain – Dalam dunia blogging, Anda tentu mengenal DBMS, DBMS merupakan database management system. Meski sering digunakan, namun tidak semua pengguna mengetahui apa itu DBSM dan bagaimana manfaatnya untuk domain ataupun website.

DBMS sendiri merupakan perangkat lunak atau software yang sering digunakan untuk menghubungkan database dengan pengguna. Dengan penggabungan tersebut, nantinya pengelolaan data dapat dilakukan dengan lebih mudah. Karena dirancang khusus untuk pengelolaan database, tentunya fungsi dari software ini adalah mengelola data, baik dari database engine atau schema.

Dengan menggunakan database managemen system untuk domain,maka pengelolaan data, membaca, melakukan pembaruan serta pengorganisiran data bisa dilakukan dengan lebih mudah. Jika Anda ingin menghapus data yang dimiliki, cukup dengan menuju DBMS, Anda bisa menghapus secara permanen data yang hendak dibuang.

Pengertian dan Jenis DBMS

Setelah mengetahui apa itu DBMS, ada baiknya Anda juga mengetahui bahasa yang umum digunakan di  DBMS, diantaranya adalah:

  • DDL

DDL merupakan akronim dari data definition language, DDL merupakan bahasa yang digunakan untuk membuat dan mengubah struktur pada suatu objek yang telah ditentukan. Misalnya, database pada view, tabel, indek dan juga schema.

  • DML
Baca Juga :   Cara Merawat Hosting dengan Tepat agar Tahan Lama

Merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk memberikan perintah pada database managemen system untuk domain. Perintah tersebut berupa pengambilan data, penghapusan ataupun penambahan data.

Fungsi dan Manfaat Menggunakan DBMS

Jika Anda masih ragu dalam menggunakan DBMS, berikut adalah beberapa manfaat dan fungsinya untuk domain ataupun website. Dengan mengetahui fungsinya, Anda tidak akan ragu lagi untuk menggunakan tools yang satu ini.

  1. Mendefiniskan Data

Dalam pengelolaan website atau domain, data tidak bisa dilepaskan begitu saja dari hosting atau database. Karena itu, dengan jumlah informasi yang besar, pendefinisian data perlu dilakukan dengan baik.cakupan informasi yang besar pada data nantinya disajikan dalam bentuk tabel atau dokumen.

  1. Melakukan Manipulasi Data

Fungsi mendasar yang dimiliki oleh database managemen system untuk domain adalah melakukan manipulasi pada data yang dimiliki. Fungsinya untuk menyimpan, melakukan pembaruan, bahkan menghapus data yang dimiliki oleh database. Anda tidak perlu kesulitan mencari berbagai data, cukup dengan menggunakan DBMS.

  1. Meningkatkan Integritas Data

Jika Anda menggunakan DBMS, Anda akan mendapatkan berbagai basis data, nantinya user atau pengguna juga bisa mengakses data tersebut. Karena diakses oleh banyak pengguna dalam waktu yang tidak tentu, maka akurasi dan konsistensi data harus dipersiapkan dengan baik. Nantinya data yang disediakan akurat dan memang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

  1. Melakukan Backup
Baca Juga :   Perbedaan VPS dan Dedicated Hosting untuk yang Masih Awam

Database selain digunakan untuk menyimpan dan memanipulasi data, ia juga digunakan sebagai tempat backup. Database managemen system untuk domain juga memiliki fungsi yang sama. Nantinya pengelola website tidak perlu khawatir lagi mengenai backup data, sebab sistem pencadangan dapat dilakukan secara otomatis.

  1. Akses Data Lebih Cepat

Berikutnya terkait dengan akses data, sistem pengelolaan data yang terdapat di DBMS cukup rapi dan teratur, sehingga user bisa mengaksesnya dengan lebih mudah. Sistem pengelolaan basis data juga memiliki peran yang penting, sebab produktifitas kerja dapat dilakukan dengan  lebih mudah sebab data bisa diakses dengan mudah.

Demikianlah berbagai fungsi dan manfaat database managemen system untuk domain, data yang Anda simpan dengan menggunakan DBMS juga lebih aman, sebab backup dan perlindungannya lebih baik dibandingkan dengan tools pengarsip data pada umumnya.

Database managemen system untuk domain

Sumber : dewaweb.com

admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code