admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Mengenal Jenis Ekstensi Domain

1 min read

Mengenal Jenis Ekstensi Domain

Mengenal Jenis Ekstensi Domain – Setelah sebelumnya membahas istilah-istilah dalam dunia web hosting, kali ini kita akan membahas tentang domain. Domain adalah nama yang diberikan untuk mengidentifikasi suatu jaringan tanpa menggunakan protokol internet (IP), mengingat IP biasanya menggunakan angka yang sulit untuk dihafal.

Dalam dunia internet, domain merupakan aspek penting dari sebuah website. Fungsinya sebagai alamat yang memudahkan pengunjung mencari informasi yang diinginkan. Disini kami akan menjelaskan tentang Jenis Ekstensi Domain.

Jenis Ekstensi Domain

1. Top Level Domain (TLD)

Top level domain (TLD) adalah ekstensi di akhir nama domain. Misalnya, yang disebut TLD adalah akhiran “.id.” TLD sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu Global Top Level Domain dan Country Code Level Domain. Kategori Global Top Level Domain biasanya menggunakan sebuah domain seperti .com, .net, .org, .edu, dan sebagainya.

Domain .com digunakan untuk situs web komersial, sedangkan .net digunakan untuk sebuah situs web jaringan, dan .edu untuk pendidikan. Ada juga domain lain seperti .org untuk organisasi, .mil untuk situs angkatan bersenjata dan sebagainya.

Baca Juga :   Aturan Untuk Memilih Nama Domain Yang Sempurna

Sedangkan Country Code Level Domain lebih sering digunakan untuk domain lokal di negara tertentu. Misalnya .id untuk domain Indonesia, .cn untuk China, dan .my untuk Malaysia. Domain untuk situs web pemerintah dan lembaga pendidikan negara bagian juga menggunakan ekstensi Domain Tingkat Kode Negara. Jangan lupa pakai hosting murah yang terpercaya juga ya.

2. Second Level Domain (SLD)

Jenis domain berikutnya adalah Domain Tingkat Kedua, juga dikenal sebagai SLD atau “2LD.” SLD mengacu pada nama instansi, organisasi, atau nama pilihan yang digunakan. Jika Anda menyalin dari nama domain pada poin di atas, itu adalah SLD yang dimaksud.

Penting bagi Anda untuk membuat SLD yang mudah diingat, diketik, dan dieja pengunjung. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan nama yang familiar dan tidak terlalu panjang. Anda bisa membuat domain SLD ini dengan mendaftar dan membelinya. Jangan lupa untuk memperbarui secara teratur setidaknya selama satu tahun.

3. Third Level Domain

Secara umum Third Level Domain atau 3LD ini adalah nama domain yang Anda berikan sebelum TLS dan SLD. Misalnya, jika Anda membuat untuk tujuan email, Anda dapat menambahkan webmail.namadomain.com. Begitu juga untuk hal lain seperti blog (blog.namadomain.com), promo (promo.namadomain.com), dan lain sebagainya. Dalam dunia internet, 3LD juga sering disebut sebagai subdomain. Nama bisa dibuat sesuai kebutuhan setelah Anda memiliki SLD.

Baca Juga :   Panduan Penggunaan Domain Pada Website SEO

Demikian ulasan tentang Mengenal Jenis Ekstensi Domain semoga bermanfaat.

admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code