admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Panduan untuk Mengarahkan Domain ke Server dengan Cepat

1 min read

Panduan untuk Mengarahkan Domain ke Server dengan Cepat – Domain dan hosting merupakan dua bagian penting dalam pengelolaan website. Jangan sampai dua hal tersebut tidak diperhatikan dengan baik, sehingga website tidak bisa dikembangkan dengan lebih maksimal.

Karena itulah, untuk mendapatkan layanan terbaik, blogger kadang melakukan pembelian hosting dan domain di tempat yang berbeda. Alasannya bisa jadi karena kualitas dan layanan yang diinginkan ternyata tidak berada di satu perusahaan, mau tidak mau, pembelian dilakukan di tempat lain.

Jika ini terjadi, setiing biasanya dilakukan secara manual dan cukup ribet, namun jangan khawatir, berikut ini adalah cara untuk mengarahkan domain ke server dengan mudah dan cepat, sehingga tidak memakan waktu yang lama.

Cara Mengarahkan Domain ke Server

Untuk mengarahkan domain ke bagian server yang berbeda, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, salah satunya adalah client area. Client area bisa Anda dapatkan dari pihak penyedia hosting yang dipakai, bisa juga dari penyedia domain, langkah berikutnya adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan Login ke Client Area
Baca Juga :   Mengetahui Jenis Domain yang Bisa Anda Gunakan untuk Alamat Situs Anda Nanti

Cara pertama untuk mengarahkan domain ke server adalah dengan melakukan login ke client area. Buka browser yang Anda gunakan, kemudian lakukan login pada client area yang Anda miliki, masukkan username dan kata sandi yang sudah dipersiapkan untuk Anda dari penyedia layanan, kemudian lakukan login.

  1. Memilih My Domain

Langakh berikutnya adalah memilih My Domain yang hendak dipakai, di bagian depan client area, Anda kkan menemukan berbagai produk yang sudah dibeli dari layanan hosting yang digunakan. Karena Anda melakukan custom domain, maka pemindahan server bisa dilakukan dengan:

  • Klik pada menu domain yang ada di sebelah kiri sidebar.
  • Cara mengarahkan domain ke server berikutnya adalah memberikan tanda centang pada domain yang dipilih.
  • Tab menu namserver, pilih default nameservers.
  • Apabila Anda menggunakan domain .id, maka pilih custom domain .id ke blogger.
  • Jika sudah selesai, Anda bisa menekan Change Nameserver untuk menyelesaikan tahapan pengarahan server.

Apabila Anda kesulitan untuk melakukan setting dan pengaturan pada domain dan hosting yang digunakan, akan lebih baik jika Anda menggunakan panduan yang diberikan oleh pihak penyedia layanan. Melakukan tanya jawab dan konsultasi kepada mereka juga bisa Anda jadikan pilihan.

Baca Juga :   Yuk Intip Apa Saja Jenis Domain di Indonesia

Ketika Anda mengarahkan domain ke server, Anda bisa memilih nama server yang berbeda-beda, sesuai dengan preferensi dan kebutuhan yang dimiliki. Pastikan juga nama server yang digunakan memang sudah terdaftar di client area, sehingga proses setting bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Mengelola DNS

Setelah semua langkah pengarahan domain ke server selesai dilakukan, maka Anda harus mengelola DNS Record, untuk mengelolanya, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini, diantaranya:

  • Klik tab menu Add Ons, kemudian plih DNS Zone Manager. Menu tersebut bisa Anda temukan di client area atau control panel yang dimiliki.
  • Setelah mengarahkan domain ke server pengelolaan DNS bisa dilakukan dengan menekan menu manage.

Menu ini berguna untuk menambahkan DNS record yang dimiliki, sehingga membuat perfoma website berjalan dengan baik. Setelah semua proses selesai, periksa domain yang digunakan apakah sudah bisa diakses dengan baik.

Demikianlah rincian informasi mengenai cara mengarahkan domain ke server, semoga dengan informasi tersebut Anda tidak kesulitan untuk mengarahkan domain yang dimiliki ke hosting yang berbeda. Jika dilakukan dengan tepat tiap langkahnya, proses pemindahan server tentu akan berjalan lancar tanpa membutuhkan waktu yang lama.

Baca Juga :   Inilah Cara Memilih Eksistensi Domain yang Tepat Sesuai Kebutuhan
mengarahkan domain ke server

Sumber : domainesia.com

admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code