admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Pengertian dan Fungsi Menu Metrics cPanel untuk Domain

1 min read

Pengertian dan Fungsi Menu Metrics cPanel untuk Domain – Penggunaan cPanel untuk website memang umum digunakan, fungsinya untuk memudahkan berbagai proses pengelolaan website, dari hosting, domain, hingga manajerial data. Namun tahukah Anda mengenai berbagai fitur dan jenis dari cPanel?

Salah satu cPanel yang sayang untuk Anda lewatkan adalah menu metrics cpanel, menu ini bisa Anda gunakan untuk melakukan analisis performa domain yang Anda miliki. Data yang Anda dapatkan tidak hanya berkaitan dengan data angka saja, melainkan juga data grafik, statistic hingga data model tabel.

Dengan menggunakan menu metrics cpanel untuk domain ini, Anda bisa mengetahui apakah langkah optimasi yang dilakukan memang sudah optimal. Beberapa fungsi dasar yang dimiliki oleh tools cpanel ini adalah:

  • Visitor, digunakan untuk melihat data pengunjung yang berkunjung ke website yang Anda kelola.
  • Errors, awstat dan juga webalizer, fungsinya adalah melihat log atau aktifitas pada website yang Anda miliki.
  • Bandwith, digunakan untuk melihat pemakain data bandwith pada website.
Baca Juga :   Project Aplikasi Web: Aplikasi Monitoring Asset

Berbagai Fitur yang Terdapat di Menu Metrics cPanel

  1. Menu Metrics cPanel Visitors

Menu pertama yang akan Anda temukan dalam menu metrics cpanel untuk domain adalah cPanel Visitor. Tampilan dari menu ini adalah entri data yang akan menujukkan berapa banyak orang yang masuk dan mengakses website yang Anda kelola. Fitur ini akan menampilkan sekitar1000 entri terbaru di log yang tersedia, khususnya pada domain yang telah ditentukan sebelumnya.

  1. Menu Metrics cPanel Error

Berikutnya adalah menu cPanel Error, sesuai namanya, fitur ini digunakan untuk menampilkan 300 entri terbaru yang memiliki masalah di website. Entri tersebut dapat Anda akses dengan mudah untuk dilakukan perbaikan. Dengan menggunakan fitur ini, maka tautan rusak yang mungkin ada di website bisa diperbaiki.

  1. Menu Metrics cPanel Bandwith

Menu metrics cpanel untuk domain selanjutnya adalah cPanel bandwith, menu ini akan digunakan untuk melihat transfer data yang terjadi di dalam website, khususnya di kurun waktu yang telah ditentukan, biasanya bulanan atau mingguan. Dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa melihat bandwith yang digunakan oleh pengunjung website.

  1. Raw Acces
Baca Juga :   Portal Pencarian Kerja Berbasis Website

Menu lain yang tidak boleh dilupakan adalah Raw Acces, menu ini bisa digunakan untuk melihat siapasaja yang sudah mengunjungi website. Berbeda dengan state visitor sebelumnya, tampilan raw acces tidak dalam bentuk grafik. Nantinya data yang Anda ambil di raw acces dapat diunduh dengan eksistensi zip untuk keperluan analisis.

  1. Awstat

Berikutnya adalah menu metrics cpanel untuk domain Awstat. Fitur ini digunakan untuk melakukan monitoring terhadap statistik jumlah kunjungan, bandwith dan aspek lainnya dalam bentuk grafik. Anda juga bisa melihat asal wilayah pengujnung website, browser yang digunakan serta alamat IP yang dipakai. Data tersebut akan ditata sesuai dengan urutan waktu akses, yakni harian, mingguan, bulanan dan tahunan.

  1. Analog Stat

Terakhir adalah fitur analog stat yang sering digunakan menampilkan data aktifitas dalam bentuk grafis, sama seperti awstat. Data yang ditampilkan umumnya hanya berupa angka-angka, sebagaimana aktifitas riil yang dilakukan oleh pengunjung.

Demikianlah berbagai menu metrics cpanel untuk domain yang bisa Anda temukan di tools cPanel tersebut. Untuk mendapatkan tools cPanel yang satu ini, Anda bisa bertanya kepada penyedia jasa layanan hosting atau domain untuk memudahkan proses pemasangan. Jangan ragu bertanya apalagi jika Anda masih kesulitan dengan teknisnya.

Baca Juga :   Begini Cara Mengganti Hostaname pada VPS CentOS 7
menu metrics cpanel untuk domain

Sumber : idwebhost.com

admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code