admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Pengertian Web Cache pada Pengelolaan Domain Website

1 min read

Pengertian Web Cache pada Pengelolaan Domain Website – Memaksimalkan kinerja website merupakan hal yang harus dilakukan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memasang web cache. Web cache merupakan tools yang akan membuat proses muat website lebih cepat, sehingga pengunjung tidak membutuhkan waktu lama untuk masuk ke dalamnya.

Untuk Anda yang memiliki masalah akses website yang lambat, menggunakan web cache adalah pilihan yang tepat. Berikut ini merupakan penjelasan lengkap mengenai web cache, Anda bisa mendapatkan pengetahuan tambahan dengan mengetahui informasi tersebut.

Apa Itu Web Cache

Pengertian web cache adalah penyimpanan sementara data pada website, baik di bagian server atau di bagian browser. Dengan menggunakan cache, maka Anda ataupun pengunjung website bisa menampilkan data dengan cara yang lebih cepat, terutama jika pengunjung ingin segera masuk ke dalam halaman website.

Cara kerja web cache sebenarnya sederhana, berikut adalan rincian perjalanan pemanfaatan web cache, yakni:

  • Website atau browser yang digunakan menerima request dari pengunjung website.
  • Browser kemudian mengirimkan permintaan untuk server, server diminta untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan.
  • Server kemudian mencari informasi yang dibutuhkan, selanjutnya server memberikan dokumen yang diperlukan kepada browser.
  • Berdasarkan pengertian web cache sebelumnya, pihak server maupun browser akan menyimpan dokumen tersebut untuk sementara waktu. Dokumen atau data inilah yang nantinya disebut sebagai cache.
  • Website menampilkan informasi yang diinginkan oleh pengunjung website.
  • Nantinya Anda ataupun orang lain yang hendak mengunjungi website tersebut dan melakukan pencarian dokumen atau cache yang sama, server maupun browser tidak akan melakukan pencarian ulang, melainkan hanya memberikan simpanan dokumen.

Dengan mengunakan web cache, maka proses muat dapat dilakukan dengan lebih cepat dan sesuai dengan keinginan pengunjung website. Cara ini merupakan trik yang bisa dilakukan untuk menjaga traffic website tetap baik dan menghindari efek bouncing.

Manfaat Menggunakan Web Cache

Setelah mengetahui pengertian web cache, sebaiknya Anda juga mengetahui apa saja manfaat yang bisa diberikan dari tools yang satu ini, diantaranya adalah:

  1. Website Lebih Cepat

Siapa yang tidak ingin website berjalan lebih cepat, dengan website yang lebih cepat pengunjug bisa segera mendapatkan informasi yang diperlukan. Banyak pengunjung website yang lebih memilih meninggalkan website yang melakukan proses muat terlalu lama dan memilih mencari website lain.

  1. Pengunjung Lebih Betah

Berdasarkan pengertian web cache sebelumnya, hadirnya web cache akan membuat sistem tidak terus menerus melakukan pencarian dengan isi atau konten yang sama. Dengan kemudahan tersebut, maka pengunjung bisa lebih betah mengunjungi website yang Anda kelola.

  1. Meningkatkan Traffic

Salah satu tanda kesuksesan suatu website adalah trafficnya yang tinggi, dengan traffic yang tinggi maka Anda lebih mudah dalam melakukan afiliasi, menawarkan produk atau jasa, ataupun untuk mencari adsense. Dengan menggunakna web cache Anda bisa meningkatkan lalu lintas website dan konversi yang dimiliki.

Masih banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan web cache, apalagi berdasarkan pengertian web cache, Anda sebagai pengelola website akan mendapatkan banyak keuntungan dengan menggunakannya. Maka jangan ragu menggunakan tools tersebut di platform website yang Anda gunakan.

Demikianlah rincian mengenai pengertian web cache, cara kerja dan manfaat untuk menggunakannya. Dengan informasi tersebut, semoga Anda tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan perangkat tools yang satu ini. Tanyakan pada pengelola hosting terkait dengan fitur tools yang mereka sediakan untuk mendapatkan tools ini.

sumber : niagahoster.id

pengertian web cache
Avatar
admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Secured By miniOrange