admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Peran Penting Domain Bagi Website

1 min read

Peran Penting Domain Bagi Website

peran penting domain

                               uptown.id

Peran Penting Domain Bagi Website – Ketika Anda menulis sebuah link website pada kolom pencarian browser, Anda akan dibawa menuju alamat suatu situs yang anda maksud. Nah alamat tersebut merupakan alamat IP fisik yang ada di internet yang dikenal dengan sebutan domain. Domain berisikan nama-nama pilihan yang dibuat unik dengan akhiran .com, .id, .net, dan sebagainya.

Komponen pada website yang sangat penting selain hosting adalah domain. Jika hosting berperan sebagai komponen utama untuk memunculkan website di dunia digital, maka domain adalah nama atau tanda pengenal dari website tersebut. Bukti nyata website Anda sudah masuk kedalam dunia digital adalah dengan adanya domain. Tanpa adanya tanda pengenal sebuah website tidak mungkin bisa diakses.

Apa Saja Peran Domain Bagi Website?

Seperti penjelasan sebelumnya, kalian pasti sudah memahami bahwa domain memiliki peranan yang sangat penting bagi website yang Anda buat. Tujuan utama adanya domain yaitu guna membantu masyarakat dalam menemukan situs web yang dicar. Domain adalah sebuah nama atau identitas yang Anda miliki  di internet dan harus dibuat seunik mungkin dengan adanya ciri khas yang bisa membedakan website milik anda dengan ribuan website pesaing diluar sana. Berikut ulasan mengenai peran penting domain bagi website:

Sebagai Identitas

Mengapa peran domain dikatakan sebagai identitas? Karena fungsi diciptakannya domain adalah sebagai tanda pengenal yang membedakan website anda dengan website para pesaing diluar sana. Tanpa adanya identitas kita pasti akan kesusahan dalam mengenal dan cenderung susah untuk dikenal. Maka dari itu, masyarakat pasti membutuhkan identitas sebagai jati dirinya. Begitu juga didalam website, domain diciptakan untuk mempermudah website kalian dikenal masyarakat luas.

Dengan begitu peran penting domain bagi website menjadi suatu keharusan. Untuk membuat domain, Anda harus terdaftar dalam organisasi ICANN terlebih dahulu, organisasi ICANN adalah singkatan dari Internet Corpiration for Assigned Named and Number) sebuah organisasi yang menjadi penentu eksistensi sebuah domain yang bisa digunakan. Satu hal yang perlu Anda ingat bahwa domain yang sudah dinyatakan terdaftar tidak bisa digandakan. Dalam artian nama domain tidak ada yang sama.

Memperluas Jangkauan Pasar dan Pelanggan

Dengan domain sebagai identitas dalam sebuah situs website dapat membuat Anda dikenal masyarakat sehingga website yang sering kamu buat jumlah pelanggan setiap harinya akan meningkat, tapi ini berlaku jika Anda rutin membuat website disitus media online. Selain itu, bisnis yang kamu promosikan melalui website juga akan memiliki pelanggan dengan pasar yang semakin luas. Hal ini karena pelanggan sudah mengetahui domain yang kamu miliki, dan website yang kamu buat termasuk dalam kategori berkualitas.

Nilai Kredibilitas Semakin Meningkat

Website dengan nama domain yang Anda buat secara unik dan mampu menarik minat masyarakat tentunya dapat meningkatkan nilai Kredibilitas suatu bisnis yang kamu kelola dan pastinya akan terlihat jauh lebih profesional dan kamu akan dipercaya para konsumen. Nilai Kredibilitas termasuk dalam peran penting domain dalam website yang Anda kelola.

Sebuah website yang kamu buat dengan adanya domain yang unik akan semakin mempermudah Anda dalam mencapai tujuan dari bisnis tersebut. Selain itu juga mempermudah pelanggan Anda dalam mendapatkan informasi dari website yang anda buat.

Semoga informasi peran penting domain dalam website diatas sangat bermanfaat dan membantu kalian, semoga berhasil!

Avatar
admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Secured By miniOrange