admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Perbedaan Antar Domain Sub Domain Parked dan Add On Domain

1 min read

Perbedaan Antar Domain Sub Domai, Parked dan Add On Domain – Anda yang mengelola website tentu tidak asing dengan domain, domain digunakan sebagai media akses website tanpa harus menggunakan alamat IP. Ternyata domain memiliki tiga jenis, yang harus digunakan sesuai dengan fungsi dan tujuannya.

Apabila Anda hendak mengelola domain namun masih belum bisa memilih jenis domain yang tepat, berikut adalah rincian terkait dengan jenis domain, kelebihan dan kekurangannya. Dengan begitu, Anda bisa memilih pilihan jenis domain yang tepat sesuai dengan tema dan target pembaca.

Sub Domain

Perbedaan antar domain yang pertama adalah mengenai pengertiannya, jenis pertama adalah sub domain. Sub domain merupakan skrip yang bisa Anda gunakan untuk membuat domain dengan fitur sub domain. Fitur tersebut biasanya tersedia di layanan penyedia hosting, Anda bisa menanyakan rincian mengenai harga dan ketentuannya secara langsung.

Agar lebih jelas, berikut adalah rincian mengenai pembuatan sub domain, yakni:

  • Anda memiliki website dengan nama tokojeruk.com.
  • Selanjutnya Anda melakukan pemasangan skrip forum untuk website tersebut, yakni tokojeruk/public/forum.
  • Anda meletakkan skrip tersebut di halaman utama situs, namun untuk mengakses alamatnya Anda juga menyediakan alamat lain, yakni tokojeruk.com/forum.
  • Nantinya Anda dapat mengubah alamat tokojeruk.com/forum menjadi domain dengan alamat forum.tokojeruk.com.
Baca Juga :   Langkah - Langkah Metode Mengirim Email Melalui Laravel

Jika Anda menggunakan cPanel, terdapat perbedaan antar domain ketika membuatnya, untuk sub domain cara membuatnya adalah:

  • Masuk ke bagian cPanel, kemudian lakukan login sesuai dengan akun yang dimiliki.
  • Di bagian menu sub domain, masukkan alamat yang hendak digunakan sebagai sub domain website yang Anda miliki.
  • Kemudian lakukan setting dan set di kolom yang telah tersedia.

Parked Domain

Jenis domain yang lain adalah parked domain, domain ini merupakan kumpulan beberapa domain, yang apabila diakses akan mengarah ke satu domain utama. Misalnya, Anda memiliki domain tokojeruk.com, tokojerukmanis.com, dan tokobuahjeruk.com.

Tokojeruk.com merupakan domain utama, nantinya Anda ingin domain tokojerukmanis.com dan tokobuahjeruk.com ketika dicari akan mengarah ke tokojeruk.com. Perbedaan antar domain dan sub domain parked ini jelas terlihat karena parked domain akan mengarahkan beberapa domain sekaligus ke satu domain utama saja.

Jika Anda ingin menggunakan parked domain, Anda bisa menggunakan fitur yang tersedia di cPanel yang Anda miliki. Sama seperti sebelumnya, untuk melakukan pembuatan dan setting parked domain, berikut adalah langkah yang bisa dilakukan.

  • Masuk ke cPanel, kemudian login dengan akun yang Anda buat.
  • Setelahnya, masuk ke bagian menu parked domain, lanjutkan dengan menambahkan domain yang ingin digunakan.
  • Jika sudah, lanjutkan dengan menekan opsi OK di bagian bawah kolom.
Baca Juga :   Perbedaan Antara Nama Domain dan Web Hosting

Add On Domain

Perbedaan antar domain dan sub domain parked tidak akan lengkap jika tidak membahas domain add on, domain ini merupakan gabungan dua domain yang berbeda, yang diletakkan di satu layanan hosting. Add on domain umum digunakan untuk mereka yang ingin menghemat budget untuk menyewa hosting.

Misalnya, Anda memiliki domain tokojeruk.com dan tokoapel.com, nantinya dua domain tersebut akan digabungkan ke satu layanan hosting yang sudahAnda beli sebelumnya, untuk menggunakan fitur ini, Anda bisa melakukan cara berikut:

  • Masuk ke cpanel kemudian lakukan login dengan akun yang dimiliki.
  • Lanjutkan dengan memasukkan dua domain yang hendak digabungkan ke bagian add on domain.
  • Proses selesai, Anda bisa langsung menyimpan progress tersebut.

Demikianlah perbedaan antar domain dan sub domain parked yang semoga bisa menambah pengetahuan Anda, dengan informasi tersebut semoga Anda bisa dengan mudah menggunakan domain yang tepat.

sub domain parked

Sumber : dewaweb.com

admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code