Domain

Perbedaan Antara Nama Domain dan Web Hosting

Perbedaan Antara Nama Domain dan Web Hosting. Situs web terdiri dari file seperti halaman HTML, perangkat lunak pembuat situs web, gambar, dan banyak lagi. Jika nama domain adalah alamat web situs web Anda, maka web hosting adalah tempat tinggal situs web Anda.

Komputer sebenarnya merupakan tempat file situs web Anda disisipkan. Komputer seperti itu disebut server dan ditawarkan sebagai layanan oleh perusahaan hosting. Anda membutuhkan nama domain and web hosting untuk membangun sebuah situs sendiri.

Namun, perlu diingat bahwa domain dan hosting adalah dua layanan yang berbeda, dan dapat dibeli dari dua perusahaan. Mungkin Anda bingung, bagaimana cara kerjanya jika Anda membelinya dari dua perusahaan yang berbeda?

Anda hanya perlu mengedit pengaturan nama domain Anda dan memasukkan informasi Name Server yang disediakan oleh perusahaan hosting Anda. Informasi Server Nama menentukan ke mana harus mengirim permintaan pengguna untuk nama domain Anda.

Direkomendasi untuk mendapatkan domain dan hosting Anda dari perusahaan yang sama. Ini memungkinkan Anda mengelolanya dengan mudah di bawah akun yang sama. Untuk detail lebih lanjut, lihat panduan di bawah ini tentang perbedaan antara nama domain dan hosting web.

Sumber : diskominfo.kuburayakab.go.id

Apa itu Nama Domain?

Nama domain adalah alamat situs web Anda yang dicari orang-oragng di bilah URL browser untuk mengunjungi situs web Anda. Perumpamaannya seperti rumah yaitu situs web dan alamat merupakan nama domain.

Internet pada dasarnya adalah jaringan komputer besar yang saling terhubung satu dan lain melalui kabel. Untuk mengidentifikasi mereka dengan mudah, setiap komputer diberikan serangkaian nomor yang disebut Alamat IP. Alamat IP ini merupakan kombinasi angka yang dipisahkan dengan titik. Alamat IP memiliki formula seperti ini: 88.268.88.2. Mustahil bagi manusia untuk mengingat angka-angka tersebut. Oleh karenanya dibuatlah nama alamatnya.

Nama domain terdiri dari kata-kata yang mudah untuk mengingat alamat situs web. Sekarang jika Anda ingin mengunjungi sebuah website di internet, Anda tidak perlu mengetikkan deretan angka. Sebagai gantinya, Anda dapat mengetikkan nama domain yang mudah diingat, misalnya travelling.com.

Apa itu Web Hosting?

Domain dan hosting berbeda. Hosting web adalah tempat di mana semua file situs web Anda berada. Ini seperti rumah situs web Anda di mana ia benar-benar hidup. Cara yang baik untuk memikirkan hal ini adalah jika nama domain adalah alamat rumah Anda, maka web adalah rumah sebenarnya yang ditunjuk oleh alamat tersebut. Semua website di internet, membutuhkan web hosting.

Ketika seseorang mengetikan namany Anda di browser, nama tersebut dialihkan ke dalam alamat IP komputer perusahaan hosting web Anda. Komputer ini berisi file situs web Anda, dan mengirimkan file tersebut kembali ke browser pengguna.

Bagaimana Nama Domain dan Web Hosting Berhubungan?

Nama domain dan hosting web adalah dua layanan yang tidak sama. Namun, mereka memiliki hubungan yang erat untuk membangun situs web. Domain mempunyai sistem seperti buku alamat besar yang terus diperbaiki. Di balik namawebnya, terdapat alamat layanan hosting web yang berisikan file situs web.

Tanpa nama, orang tidak akan mungkin menemukan situs web Anda dan tanpa web, Anda tidak dapat membangun situs web. Inilah sebabnya mengapa banyak perusahaan nama web teratas juga menawarkan layanan hosting web. Perusahaan web hosting mengistimewakan diri dalam mengarsipkan dan melayani situs web. Mereka menyajikan beberapa jenis paket hosting kepada pelanggan mereka.

Karenanya domain dan hosting tidak dapat dipisahkan. Jika Anda berniat untuk membuat situs sendiri, maka Anda membutuhkannya juga. Ada berbagai perusahaan yang menyajikannya yang dapat disesuaikan dengan keperluan Anda.

admin

Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Recent Posts

Source Code Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web

Bisnis rental mobil merupakan layanan yang menyediakan kendaraan berupa mobil, baik dengan cara seha harian…

3 minggu ago

Source Code Sistem Informasi Klinik Berbasis Web

Untuk memudahkan managemen data pasien yang ada di rumah sakit kini sudah ada Source Code…

4 minggu ago

Source Code Aplikasi Pengelolaan Kas Berbasis Web

Dalam berbisnis, pengelolaan kas adalah komponen serta kunci yang penting untuk menstabilkan keuangan perusahaan. Sehingga…

1 bulan ago

Source Code Aplikasi Pembelian Tiket Kereta Berbasis Web

Semua transaksi kini sudah berbasis online, sehingga tidak jarang pemilik usaha baik perorangan maupun perusahaan…

1 bulan ago

Source Code Aplikasi Pembayaran SPP Sekolah Berbasis Web

Perkembangan teknologi yang semakin maju, kini banyak solusi untuk memudahkan suatu pekerjaan. salah satunya yaitu…

1 bulan ago

Source Code Aplikasi Jasa Laundry Berbasis Web

Mengelola sebuah usaha tanpa managemen yang jelas memang sangat sulit, apalagi jika semua sistem tidak…

1 bulan ago