admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Perbedaan Layanan Hosting: Cloud Hosting, VPS, dan Shared Hosting

1 min read

Perbedaan Layanan Hosting: Cloud Hosting, VPS, dan Shared Hosting – Mengelola website tentunya membutuhkan hosting, namun bagi pemula urusan memilih hosting bisa menjadi sesuatu yang pelik. Ada beberepa jenis hosting yang bisa digunakan, dari VPS, shared hosting hingga cloud hosting.

Jika Anda masih bingung memilih salah satu pilihan layanan hosting tersebut, berikut adalah rincian mengenai masing-masing hosting, berikut kelebihan dan kekurangannya. Jika memilih dengan tepat, maka website bisa dikelola dengan baik secara maksimal.

Shared Hosting

Layanan hosting pertama yang bisa Anda gunakan adalah shared hosting, perbedaan layanan hosting ini dibandingkan dengan hosting lain cukup mencolok. Hosting model shared merupakan pilihan yang cocok untuk website yang baru mulai dibangun. Menggunakan shared hosting berarti Anda berbagi hosting dengan banyak pengguna sekaligus.

Ada beberapa kelebihan shared hosting, diantaranya harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan pelayanan lain. Anda yang baru pertama kali menggunakan pelayanandan membutuhkan hosting dengan harga minimalis, maka shared hosting bisa menjadi pilihan yang tepat. Nantinya keamanan, pembaruan dan segala setting penggunaan hosting akan dikelola oleh server.

Dengan cara ini, Anda tidak perlu repot untuk mengatur berbagai setting agar pelayanannya dapat digunakan secara maksimal, cocok untuk pengguna pemula yang kurang paham masalah hosting. Perbedaan layanan hosting ini juga bisa dilihat dari kekurangan yang dimiliki, yakni:

  1. Karena digunakan oleh beberapa pengguna sekaligus, maka akses situs kadang lebih lambat dibandingkan dengan hosting lain.
  2. Banyak batasan sumber daya dan kapasitas penyimpanan.
  3. Apabila satu pengguna sedang mengalami overload, maka pengguna lain akan merasakan dampaknya.

VPS

Lebih dikenal sebagai virtual private server, VPS adalah jenis hosting yang sumber dayanya berasal dari satu server fisik. Nantinya akan dibagi lagi menjadi beberapa server virtual dengan ukuran yang lebih kecil, sehingga bisa digunakan sebagai dedicated server. VPS mirip dengan shared hosting, namun sumber daya yang digunakan hanya untuk Anda saja.

Perbedaan layanan hosting ini bisa Anda lihat di kelebihan yang dimiliki, diantaranya mengenai pengelolaan keamanan, Anda bisa melakukan pengaturan dan pengelolaan secara penuh, bahkan bisa melakukan modifikasi pada server yang digunakan. Akses rooting juga bisa Anda dapatkan sesuai dengan kebutuhan, begitu pula dengan pengembangan kapasitas apabila memang diperlukan.

Meski terdengar mudah, namun VPS tetap memiliki beberapa kekurangan, diantaranya adalah:

  1. Pengetahuan yang Anda miliki terkait dengan hosting, bahasa program dan teknis harus dalam keadaan baik, sebab semuanya harus Anda kelola secara mandiri.
  2. Servernya menggunakan bahasa Linux, yang tidak semua orang bisa mengetahuinya.
  3. Harganya lebih mahal dibandingkan layanan hosting yang lain.

Cloud Hosting

pelayanan yang terakhir adalah cloud hosting, merupakan tipe hosting yang berasal dari satu server terpusat, yang disebut sebagai cluster. Perbedaan layanan hosting ini akan terlihat dari penggunaan dan sumbernya. Penggunaannya khusus untuk Anda dan upgrade penyimpanan dan spek tetap bisa dilakukan.

Kelebihan dari cloud hosting adalah menggunakan beberapa server, jadi jika satu server bermasalah, server lain akan menggantikannya. Dengan pelayanan ini juga lebih hemat biaya, namun tetap memiliki performa yang baik.

Demikianlah berbagai perbedaan layanan hosting yang bisa Anda jadikan sebagai tambahan pengetahuan. Dengan informasi tersebut, semoga Anda bisa lebih mudah menemukan layanan server hosting yang tepat sesuai dengan kebutuhan website.

Perbedaan layanan hosting

Sumber : idtoday.com

Avatar
admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Secured By miniOrange