admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Perbedaan Subdomain, Parked Domain, Addon Domain, Redirect Domain?

1 min read

Perbedaan Subdomain, Parked Domain, Addon Domain, Redirect Domain?- domainadalah nama dari suatu website agar dapat dengan mudah dicari atau diidentifikasi di internet melalui papan pencarian. Misal facebook.com.

Selain domain, dikenal juga istilah subdomain, parked domain, addon domain dan redirect domain. Bagi para pemula yang baru berselancar dan berkecimpung di dunia website. Istilah-istilah tersebut tentunya masih asing dan kurang familiar untuk dipahami.

Pada artikel ini kita akan mengupas secara detail dan lengkap perbedaan istilah domain (Subdomain, parked domain, addon domain, redirect domain) yang tertera di atas. Sudah sangat penasaran untuk mengetahui perbedaannya bukan?

Ini dia perbedan subdomain, parked domain, addon domain, dan redirect domain.

redirect Domain

Blog.hostnasi.com

Subdomain

Subdomain dapat diibaratkan sebagai domain kedua yang diturunkan oleh domain utama atau domain induk. Kalian baru bisa memiliki subdomain apabila telah memiliki domain utama. Sebagai contoh  Anda memiliki website yaitu kumpulansastra.id (web induk)  kemudian Anda dapat membuat sebuah blog pada website tersebut, maka orang lain dapat mengakses blog Anda melalui laman blog.kumpulansastra.id (subdomain).

Baca Juga :   Aplikasi Pengenalan Hewan Berbasis Augmented Reality

Parked domain

Parked domain merupakan salah satu yang paling sering muncul dan ditanyakan. Parked domain bisa juga disebut sebagai nama alias/ domain alias. Biasanya seseorang yang memiliki lebih dari satu domain namun domain domain yang dimiliki tidak mengandung konten apapun maka akan dipusatkan atau diarahkan ke domain/ website utama.

Sebagai contoh saya memiliki 3 buah domain dengan website utama yaitu pakaian.com, adapun domain lainnya adalah baju.com dan celana.com. Saya ingin melakukan parked domain karena domain baju.com dan celana.com kurang berisi konten konten menarik. Setelah melakukan parked domain maka ketika pengunjung mengunjungi/ menulis celana.com dan baju.com mereka akan ditampilkan dan diarahkan ke website utama yaitu pakaian.com.

Addon domain

Istilah domain yang akan dibahas selanjutnya yaitu Addon domain, addon domain adalah domain yang ditambahkan setelah domain utama Anda dalam satu hosting. Jadi ketika parked domain merupakan beberapa nama domain yang berbeda dan diarahkan ke suatu website utama, sedangkan addon domain adalah beberapa nama domain yang berbeda dan dijalankan bersama dalam satu hosting.

Baca Juga :   Sistem Informasi Untuk Proses Sidang Mahasiswa

Banyaknya jumlah domain yang mampu dijalankan dalam satu hosting itu tidak dapat ditentukan dan bergantung pada jenis layanan dan paket yang dipilih.

Redirect domain

Redierect domain merupakan redirect Domain yang digunakan untuk memindahkan atau mengarahkan domain baru ke domain lama. Misalnya Anda memiliki sebuah website usaha yang bernama gadogado.com, namun di kemudian hari Anda memutuskan untuk beralih usaha dari bisnis makanan ke bisnis kosmetik yaitu beauty.com.

Melalui fitur rnya, maka ketika ada pengunjung yang klik gadogado.com mereka akan diarahkan ke website beauty.com. redirect domain ini sangat mirip dengan parked domain, namun pada dasarnya keduanya itu berbeda. Parked domain biasanya terdiri dari banyak website yang diarahkan ke website utama yang memiliki root yang sama, sedangkan redirect domain mengarahkan ke domain yang berbeda.

Nah demikian penjelasan mengenai perbedaannya yang terdiri dari subdomain, parked domain, addon domain dan redirect domain. Sudah tidak bingung lagi bukan untuk membedakan istilah istilah di atas. Semoga penjelasan di atas mampu memberikan informasi yang cukup membantu bagi teman teman semua ya. Sampai jumpa di artikel- artikel selanjutnya!

admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code