admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Portal Pencarian Kerja Berbasis Website

1 min read

Portal perncari kerja berbasis website dikembangkan untuk membantu masyarakat mencari pekerjaan dengan sistem digital. Sehingga akan lebih efektif dan menghemar biaya. Aplikasi ini dikembangkan dengan berbasis pada website dengan tujuan untuk membuat penggunannya menjadi lebih luas. Aplikasi dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman php dan diuji dengan menggunakan metode black box.

Cara Kerja Aplikasi Website Untuk Pencarian Kerja

Cara kerja dari aplikasi ini sangat sederhana, anda cukup menggunakan alamat url untuk dapat mengakses website. Kemudian bagi anda yang ingin menggunakan akun untuk mendapatkan pekerjaan atau membutuhkan pekerja maka harus mendaftar terlebih dahulu. Pada halmaan pendaftaran anda akan diminta untuk mengisi form curriculum vitae untuk mengetahui skill pekerjaan yang berkaitan dengan anda.  

Source Untuk Membangun Aplikasi Pencarian Kerja

Aplikasi dirancang dengan berbasis website, sehingga untuk menggunakan aplikasi anda dapat menjalankannya pada browser website ataupun browser smartphone. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi adalah php. Source code php dibuat dengan menggunakan teks editor notepad++ yang terdapat pada default sistem operasi windows.

Sedangkan untuk proses pengelolaan dan penyimpanan database dirancang dengan menggunakan source code mysql. Penggunaan basis data mysql diharapkan dapat memberikan tampilan aplikasi yang dinamis dan interaktif.

Fitur Pada Aplikasi Portal Pencarian Kerja

  1. Halaman Awal

Fitur yang menampilkan halaman awal yang berupa informasi mengenai aplikasi. Sleain itu fitur ini juga menampilkan berbagai event dan tata cara penggunaan aplikasi.

  • Akun

Fitur yang membantu anda untuk mengelola akun ataupun membuat curriculum vitae anda menarik. Sehingga pemberi pekerjaan dapat memepercayai pekerjaannya pada anda. Pada halaman ini anda juga dapat melihat histori pekerjaan yang sudah pernah anda lakukan.

  • Portal Lowongan Pekerjaan

Fitur utama yang menampilkan informasi mengenai pekerjaan yang tengah dibutuhkan. Pada fitur ini akan muncul berbagai jenis pekerjaan yang diinput oleh akun yang membutuhkan worker. Beragam pekerjaan dapat anda temui pada aplikasi ini.

  • Penyelesaian Pekerjaan

Fitur yang digunakan untuk memonitoring perkembangan dari pekerjaan. Fitur ini terhubung dengan worker dan harus memberikan laporan untuk setiap kegiatan yang berkaitan dengan pekerjaan. Pada fitur ini juga tersedia reminder yang akan muncul jika jadwal pekerjaan sudah melewati deadline.

  • Pembayaran

Untuk proses pembayaran pada aplikasi digunakan pihak ketiga yaitu sistem aplikasi. Proses pembayaran dirancang dengan menggunakan source code virtual account yang membantu untuk menyelesaikan pembayaran melalui aplikasi. Sehingga baik pihak pemberi kerja dan juga worker terhindar dari penipuan.

Spesifikasi Perangkat Lunak

Spesifikasi perangkat lunak untuk dapat merancang portal pencarian kerja berbasis website adalah menguasai bahasa pemrograman php dan juga plugin untuk melakukan pengembangan pada website.

link download : bit.ly/3ey8R6F

Avatar
admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Secured By miniOrange