admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Ketahui Propagarasi DNS dan Cara Mempercepatnya

1 min read

Ketahui Propagarasi DNS dan Cara Mempercepatnya – Anda sudah membeli domain namun tidak bisa mengakses domain tersebut? Jangan panic, mungkin saja website yang Anda miliki tidak bisa diakses karena sedan mengalami propagarasi DNS.

Anda yang masih asing dengan istilah tersebut, berikut adalah penjelasan yang sebaiknya diketahui. Dengan mengetahui berbagai terminology mengenai domain dan pengelolannya, merawat dan meningkatkan performa website bisa dilakukan dengan lebih maksimal.

Pengertian Propagarasi DNS

Propagarasi DNS dan cara mempercepatnya sebernanya tidak sulit, namun sebelum mengetahui cara mempercepatnya, ada baiknya mengetahui pengertian dan teknis yang dimiliki oleh aktifitas yang satu ini.

Propagarasi DNS adalah istilah yang digunakan ketika pembaruna DNS dilakukan dan Anda tidak bisa mengakses server. Biasanya proparagasi DNS terjadi ketika melakukan pembelian domain baru, sehingga website tersebut membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan domain yang baru dipasang.

Jika website yang Anda miliki mengalaminya, langkah yang bisa Anda lakukan adalah menunggunya sampai selesai. Beberapa pengguna yang tidak sabar akan bertanya kepada pengelola dan penyedia layaan hosting terkait dengan propagarasi DNS dan cara mempercepatnya.

Baca Juga :   Aplikasi Game Edukasi

Hal yang Mempengaruhi Proses DNS

Umumnya proses ini hanya berlangsung sementara, sekitar 24 jam hingga 48 jam saja. Namun bisa jada propagarasi DNS membutuhkan waktu yang lebih lama, apabila ada hal-hal yangmempengaruhi progressnya, diantaranya adalah:

  • ISP yang Digunakan

Lama tidaknya proses propagarasi ini bisa terjadi karena ISP yang Anda gunakan. Apabila provider jaringan internet yang Anda gunakan memiliki jaringan yang baik, prosesnya tentu bisa dilakukan dengan lebih cepat. Kadang, ISP menggunakan cache yang besar, sehingga prosesnya menjadi lambat. Propagarasi DNS dan cara mempercepatnya bisa dilakukan dengan mengganti ISP.

  • Perubahan DNS Cache

Ketika website melakukan propagarasi, maka proses pembaruan DNS membutuhkan waktu yang panjang. DNS Cache umumnya menyimpan data yang sudah pernah disimpan oleh server sebelumnya, misalnya ketika pengguna mencari informasi A,maka DNS Cache akan menyimpannya.

Hal yang membuat propagarasi DNS menjadi lama kemungkinan karena banyaknya data cache yang perlu dipindahkan ke server yang baru. Ini tentu akan menambah lamanya proses pemindahan, Anda bisa menanyakan ke pihak penyedia domain terkait dengan rincian propagarasi DNS dan cara mempercepatnya.

  • Perubahan Informasi WHOIS
Baca Juga :   Macam-Macam Hosting Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

WHOIS merupakan tools yang digunakan untuk mengetahui identitas pemilik domain, baik berupa nama, alamat ataupun hal administrative yang lain. Jadi ketika Anda membeli domain baru, maka kemungkinan besar WHOIS akan melakukan update informasi, sehingga database yang Anda miliki jadi lebih lengkap.

  • Registrar pada Domain

Tempat pendaftaran nama domain disebut dengan registrar domain, bagian ini juga akan mempengaruhi lamanya proses propagasi domain name server atau DNS. Umumnya domain internasional yang menggunakan TLD mempunyai proses propgarasi yang lebih cepat dibandingkan dengan yang lain. Propagarasi DNS dan cara mempercepatnya jadi tidak perlu Anda lakukan.

Untuk mempercepat proses propagarasi DNS, selain menunggu, bertanya pada pengelola layanan hosting ataupun mengganti ISP, Anda bisa melakukan refresh pada browser yang Anda gunakan. Menghapus cache pada browser juga bisa dilakukan, sehingga proses muat dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Demikianlah berbagai teknis mengenai propagarasi DNS dan cara mempercepatnya, semoga dengan informasi tersebut Anda tidak lagi kebingungan apabila melakukan pemindahan domain dan mengalami proses ini. Apabila mengalami kesulitan, Anda bisa melakukan flush DNS sehingga proses pembaruan cache dapat dilakukan dengan lebih cepat.

Baca Juga :   Sistem Android Untuk Perkuliahan
Propagarasi DNS dan cara mempercepatnya

Sumber : idwebhost.com

admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code