admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Simak Cara Kerja Cloud Hosting

1 min read

Simak Cara Kerja Cloud Hosting

Simak Cara Kerja Cloud Hosting – Cloud hosting (hosting awan) adalah bentuk hosting terbaru yang semakin populer dari waktu ke waktu. Konsep utama dari cloud hosting adalah “Divide and Rule” yang berarti bahwa sumber daya yang dibutuhkan untuk menjaga sebuah situs web tetap online tersebar dalam lebih dari satu server web dan akan dialokasikan sesuai kebutuhan. Ini akan sangat mengurangi kemungkinan downtime jika terjadi kegagalan server.

Aspek lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa Cloud Hosting memungkinkan Anda mengelola beban puncak dengan lebih mudah, tanpa menghadapi masalah kekurangan bandwidth karena server lain dapat menyediakan sumber daya tambahan. Hal ini dimungkinkan karena website tidak hanya mengandalkan satu server, melainkan sekelompok server yang bekerja sama yang disebut sebagai “cloud”.

Contoh Cloud Hosting

Jika Anda mencari contoh yang sudah menerapkan cloud hosting, maka Google akan menjadi contoh yang paling mudah. Mesin pencari Google menempatkan sumber dayanya ke dalam ratusan cloud hosting. Ini berarti bahwa Google tidak mengalami downtime dalam satu dekade terakhir.

Baca Juga :   SPK Penentuan Penerimaan Raskin dengan Metode C4.5 | PHP&MySQL

Cara Kerja Cloud Hosting

Seperti dijelaskan di atas, setiap server di jaringan cloud hosting memiliki serangkaian tugas tertentu. Ketika gangguan terjadi pada satu server, server lain akan menggantikan server yang gagal dan menyediakan sumber daya yang diperlukan.

Hal yang sama juga terjadi pada kasus kelebihan beban (overload). Untuk memastikan cloud hosting dapat berfungsi dengan baik, diperlukan perangkat keras server yang berkualitas tinggi untuk dapat menjalankan berbagai tugas tersebut.

Perangkat keras berkualitas rendah hanya akan meniadakan keunggulan cloud hosting dan hanya menambah biaya tanpa hasil yang signifikan. Penyedia layanan cloud hosting yang berkualitas harus mampu memberikan layanan cloud yang handal yang harus mampu melebihi apa yang ditawarkan oleh dedicated server. Jangan lupa pakai hosting murah yang terpercaya juga ya.

Perbedaan Antara Cloud Hosting Dan Dedicated Server

Faktor yang membedakan antara cloud hosting dan dedicated server adalah keandalannya. Cloud hosting yang memiliki jaringan server akan memiliki “uptime” yang lebih baik daripada dedicated server yang hanya memiliki satu server.

Baca Juga :   Mengenal Jenis Ekstensi Domain

Namun kelebihan dari cloud hosting tetap harus ditebus dengan harga yang lebih mahal dari dedicated server. Namun, bagi perusahaan yang menginginkan websitenya selalu dapat diakses, maka cloud hosting akan menjadi pilihan yang tepat.

Demikian ulasan tentang Simak Cara Kerja Cloud Hosting semoga bermanfaat.

admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code