admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Simak Pengertian VPS Hosting Dan Cara Kerja VPS Hosting

1 min read

Simak Pengertian VPS Hosting Dan Cara Kerja VPS Hosting

Simak Pengertian VPS Hosting Dan Cara Kerja VPS Hosting – Kita sering mendengar kata virtual yang seolah-olah mewakili kemajuan zaman dalam bentuk digitalisasi di segala bidang. Tak heran jika di dunia internet juga ada kata virtual. Salah satunya adalah Virtual Private Server (VPS). Apa sebenarnya vps itu? banyak yang bilang VPS solusinya! Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang Pengertian VPS Hosting dan Cara Kerja VPS Hosting.

Pengertian VPS

VPS merupakan singkatan dari Virtual Private Server jika diartikan dalam bahasa Indonesia yaitu Virtual Private Server. Secara garis besar, VPS adalah server fisik yang terbagi menjadi beberapa server virtual. Virtual dalam bahasa Indonesia memiliki arti yang hampir sama.

Jadi, walaupun virtual server ini bukanlah server fisik yang sebenarnya, namun semua cara pengoperasiannya mirip dengan server fisik pada umumnya. Sistem virtualisasi ini memungkinkan satu server fisik dibagi menjadi beberapa server virtual. Sistem ini menggunakan teknologi virtualisasi server fisik yang nantinya dapat dibagi menjadi beberapa sumber daya yang berbeda.

Baca Juga :   Aplikasi Denah Berbasis Augmented Reality

Hosting VPS adalah kebalikan dari shared hosting. Jika Anda memilih/membeli shared hosting untuk situs web Anda, berarti Anda menempatkan data dan file situs web Anda di tempat penyimpanan yang sama dengan pengguna/pengguna lain yang juga menggunakan shared hosting untuk situs web mereka. Sedangkan jika Anda membeli VPS, maka website Anda seperti memiliki ruang penyimpanan sendiri yang tidak dibagikan dengan pengguna lain. Jangan lupa pakai hosting murah yang terpercaya juga ya.

Cara Kerja VPS Hosting

Sebagai server, komputer merupakan tempat hosting untuk menyimpan database dan file-file yang dibutuhkan oleh website. Jika pengunjung mengakses website Anda, permintaan atau request akan dikirim oleh browser ke server, kemudian server mengirimkan file yang diperlukan melalui internet. Fungsi VPS adalah menyediakan server virtual yang meniru server fisik dengan beberapa pengguna bersama.

VPS bersifat pribadi karena Anda memiliki kendali penuh. VPS terpisah dari server pengguna lain di tingkat OS. Teknologi ini mirip dengan proses membuat partisi di komputer saat Anda menggunakan lebih dari satu OS tanpa melakukan reboot. Selain itu, VPS memiliki sifat virtual karena adanya lapisan virtual di atas sistem operasi server yang membagi server menjadi beberapa partisi. Setiap pengguna dapat menginstal OS dan perangkat lunak.

Baca Juga :   Teknologi AI Dalam Industri Manufaktor

Demikian ulasan tentang Simak Pengertian VPS Hosting Dan Cara Kerja VPS Hosting semoga bermanfaat.

admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code