admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Sistem Informasi Desa Berbasis E-Government

1 min read

Kebutuhan informais di desa seringkali terhalang karena berbagai hal. Untuk mengatasi hal tersebut dibangunlah sistem informasi desa berbasis e-government yang dapat menjadi pusat informasi seputar kegiatan desa. Aplikasi ini dibuat dengan berbagai fitur menarik, seperti fitur pengenalan perangkat desa. Pada aplikasi ini juga memungkinkan anda untuk terhubung dengan perangkat desa untuk meminta informasi ataupun memberi informasi.

Aplikasi dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP yang dirancang dengan menggunakan software Eclipse. Aplikasi juga dirancang dengan source code mobile website yang dapat dibuka dengan website pada smartphone anda.

Cara Kerja Sistem Informasi Desa Berbasis E-Government

Tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah untuk mengembangkan aplikasi yang dapat memberikan informasi seputar kegiatan desa. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, anda hanya perlu mengakses halaman website sesuai dengan URL-nya. Pada halaman website akan tersedia berbagai informasi terkait kegiatan didesa tersebut. Keuntungan memiliki website untuk informasi desa adalah untuk memperkenalkan desa pada siapapun.

Source Code Sistem Informasi Desa Berbasis E-Government

Source code sistem informasi dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP yang mendukung untuk pembuatan aplikasi berbasis website. Source code php dibuat dengan menggunakan algoritma yang sederhana. Agar proses pembuatan source code berjalan lancar, maka pada pengembangan aplikasi dirancang dengan bantuan metode waterfall.

Selain source code php, juga digunakan sistem database yang dapat membantu untuk proses pengelolaan dan penyimpanan data. Jenis database yang digunakan adalah source code database mysql. Database memiliki peran yang sangat penting untuk keamanan data sehingga dibutuhkan algoritma pembuatan database yang tepat. Sebagai tahap akhir pembuatan source code php dan mysql, maka dilakukan tahap pengujian. Proses pengujian dikembangkan dengan menggunakan sistem black box.

Fitur Pada Sistem Informasi Desa

Aplikasi dirancang dengan fitur yang sederhana da user friendly. Berikut ini fitur yang terdapat pada halaman website.

  1. Homepage

Halaman utama yang menampilkan informasi seputar perangkat desa, event desa, dan yang lainnya. Pada halaman ini juga disertakan berbagai jenis menu yang terhubung dengan halaman lainnya.

  • Event

Fitur yang menampilkan informasi seputar event yang akan berlangsung didesa tersebut. Pada fitur ini anda dapat melihat berbagai kebudayaan desa, mulai dari tanggal penting event didesa tersebut dan informasi mengenai kebudayaan mereka.

  • Call Center

Fitur yang digunakan untuk terhubung dengan perangkat desa terkait jika ingin mendapatkan informasi lebih mengenai desa. Fitur call center juga dapat digunakan untuk mengurus berbagai kebutuhan administrasi masyarakat di desa tersebut.

Spesifikasi Perangkat Lunak

Sistem informasi desa berbasis e-government dapat diakses oleh siapapun melalui website. Baik menggunakan perangkat komputer ataupun menggunakan perangkat smartphone.

link download : bit.ly/3ey8R6F

Avatar
admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Secured By miniOrange