Bagi para pelaku bisnis membuat skema bisnis yang terstruktur merupakan hal yang penting. Salah satunya adalah mengenai daftar ketersediaan barang yang menjadi penggerak utama bisnis. Agar kegiatan bisnis dapat berjalan dengan baik. Sistem infomrasi ketersediaan barang berbasis desktop merupakan salah satu solusi yang tepat saat ini.
Peran teknologi komputer sangat dibutuhkan untuk menjaga efisiensi berbisnis. Dengan sistem informasi berbasis komputer akan membuat anda lebih mudah mendata produk yang tersedia dan tidak tersedia.
Kelebihan Aplikasi Sistem Informasi Ketersediaan Barang
- Kegiatan pendataan barang menjadi lebih efisien dan terintegrasi dalam satu aplikasi
- Dapat diakses secara mudah dengan menggunakan komputer
- Data yang tersimpan dalam perangkat sistem lebih aman dan tidak mudah hilang
- Menghindari kegiatan curang dari oknum yang tidak bertanggungjawab dalam lingkungan perusahaan.
- Pembukuan dan tanggal ketersediaan barang dapat disusun dengan mudah dan tersistematis dengan baik.
Source Code Untuk Membangun Aplikasi Sistem Informasi Ketersediaan Barang
Source code yang digunakan untuk membuat aplikasi desktop adalah bahasa pemrograman java dan juga didukung dengan source code mysql. Mysql berperan sebagai basis data untuk membantu pengelolaan dan penyimpanan data ketersediaan barang.
Kegiatan pembuatan source code java dirancang dengan menggunakan metode pendekatan berorientasi objek. Terlebih dahulu developer mengembangkan sistem dalam prototype untuk menguji kemungkinan error dari aplikasi desktop.
Source code java dan mysql menjadi dasar untuk membangun aplikasi desktop. Sedangkan aplikasi yang digunakan untuk download source code java adalah Eclipse. Lain halnya dengan database mysql yang membutuhkan software XAMPP untuk membuat librarynya.
Fitur Pada Aplikasi Sistem Informasi Ketersediaan Barang
Aplikasi didukung dengan fitur yang sederhana dan user friendly sehingga akan lebih mudah dipahami oleh pengguna baru. Berikut ini fitur pada aplikasi desktop.
- Login
Fitur login terdiri atas tiga bagian, pertama login untuk karyawan lapangan yang hanya dapat mengakses data ketersediaan barang tanpa merubah data. Kedua login sebagai admin yang dapat megnakses dan merubah konten dari aplikasi. Ketiga login sebagai pengelola yang dapat mengambil data dari aplikasi untuk kebutuhan pembukuan usaha.
- Form Edit
Fitur yang digunakan untuk menambah atau merubah daftar ketersediaan barang. Form edit hanya dapat diakses oleh admin dan pengelola diperusahaan.
- Form Data
Form yang menampilkan ringkasan daftar ketersediaan barang dari waktu kewaktu. Fitur ini biasanya dibutuhkan untuk kegiatan pembukuan. Form data dapat dikonversi kedalam bentuk file excel untuk membantu pengeloaan.
Spesifikasi Perangkat Lunak
Berikut ini spesifikasi perangkat lunak untuk sistem informasi ketersediaan barang berbasis desktop.
- Software Eclipse Versi 2019
- PHP Versi 6.0
- Mysql versi 9.6
link download :