Hosting

Sistem Informasi Tanaman Obat Tradisional

Sistem Informasi Tanaman Obat Tradisional merupakan aplikasi yang dirancang untuk memberikan informasi terkait tanaman obat tradisional. Munculnya aplikasi dilatarbelakangi dengan kepedulian terhadap budaya obat tradisional. Akibat perkembangan zaman yang pesat membuat tanaman obat tradisional menjadi tidak banyak digunakan, bahkan anak muda zaman sekarang jarang mengetahui fungsi dari tanaman obat.

Oleh karena itu dibuat aplikasi dengan berbasis android agar dapat memberikan informasi yang edukatif terkait tanaman obat. Dengan adanya sistem informasi ini diharapkan budidaya tanaman obat tradisional kembali dicanangkan. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan source code java dan http. Berikut uraian untuk aplikasi berikut.

Manfaat Sistem Informasi Tanaman Obat Tradisional

  1. Memberikan informasi edukatif terkait bentuk tanaman obat tradisional dan manfaatnya.
  2. Meningkatkan kepedulian untuk membudidayakan tanaman obat tradisional.
  3. Membantu mengembangkan penelitian yang bersifat laboratorium terkait dengan manfaat tanaman obat tradisional sehingga dapat digunakan untuk obat modern.

Cara Kerja Sistem Infromasi Tanaman Obat Tradisional

Aplikasi dirancang dengan menggunakan IDE android studio, dan juga didukung dengan bahasa pemrograman dari java dan http. Source code aplikasi lebih banyak melibatkan java dan http. Pada tahap pertama mobile phone yang bertindak sebagai client akan mengirimkan data berupa http kepada source code php.

Source code php akan bertindak sebagai penghubung kedatabase mysql. Mysql dalam aplikasi berfungsi untuk mendukung pengelolaan dan penyimpanan data. Kolaborasi dari source code php dan mysql juga akan menunjang penampilan aplikasi yang dinamis dan jauh lebih interaktif.

Fitur Pada Sistem Informasi Tanaman Obat Tradisional

  • Halaman Listview
  • Halaman Searching
  • Halaman Informasi

Masing-masing fitur memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda, berikut adalah fungsi dan cara kerjanya.

  1. Halaman listview

Fitur yang menampilkan list dari tanaman obat berdasarkan abjad tanaman obat. Nama tanaman obat akan ditampilkan, untuk dapat memuat informasi dari tanaman tersebut maka pengguna harus mengklik salah satu tanaman obat.

Fitur ini dilengkapi dengan database mysql agar dapat menyimpan data dan mengelola data dari website. Sedangkan listvie tanaman obat sendiri diinput oleh developer yang telah memiliki informasi tersebut.

  • Halaman Searching

Fitur yang memberikan kemudahan untuk pengguna mencari tanaman obat dengan cara memasukan keyword kedalam searching box. Selain menggunakan keyword tanaman, juga dapat untuk mencari tanaman berdasarkan keluhan penyakit.

  • Halaman Informasi

Fitur yang menampilkan informasi dari tanaman obat tersebut. Baik informasi terkait kandungan dan manfaat dari tanaman tersebut. Fitur ini juga digunakan untuk menampilkan informasi cara pengolahan tanaman obat agar dapat digunakan dengan baik.

Spesifikasi

Membuat sistem informasi tanaman obat tradisional membutuhkan perangkat dengan spesifikasi memiliki IDE Android Studio dan IDE untuk Java.

link download :

admin

Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Recent Posts

Source Code Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web

Bisnis rental mobil merupakan layanan yang menyediakan kendaraan berupa mobil, baik dengan cara seha harian…

2 bulan ago

Source Code Sistem Informasi Klinik Berbasis Web

Untuk memudahkan managemen data pasien yang ada di rumah sakit kini sudah ada Source Code…

2 bulan ago

Source Code Aplikasi Pengelolaan Kas Berbasis Web

Dalam berbisnis, pengelolaan kas adalah komponen serta kunci yang penting untuk menstabilkan keuangan perusahaan. Sehingga…

2 bulan ago

Source Code Aplikasi Pembelian Tiket Kereta Berbasis Web

Semua transaksi kini sudah berbasis online, sehingga tidak jarang pemilik usaha baik perorangan maupun perusahaan…

2 bulan ago

Source Code Aplikasi Pembayaran SPP Sekolah Berbasis Web

Perkembangan teknologi yang semakin maju, kini banyak solusi untuk memudahkan suatu pekerjaan. salah satunya yaitu…

2 bulan ago

Source Code Aplikasi Jasa Laundry Berbasis Web

Mengelola sebuah usaha tanpa managemen yang jelas memang sangat sulit, apalagi jika semua sistem tidak…

2 bulan ago