admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Sistem IoT Untuk Kompor Elektronik

1 min read

Internet of Think adalah salah satu bentuk perkembangan teknologi yang mendorong munculnya revolusi industri 4.0 didunia. Para ahli gencar untuk mengembankan teknologi dengan memanfaatkan internet sebagai perantara. Keunikan barang pun mulai bermunculan, dari teknologi rumahan yang bisanya kita kendalikan secara konvensional sekarang dapat dikontrol dengan menggunakan smartphone.

Contohnya sistem IoT untuk kompor elektronik yang dirancang dengan tujuan untuk mengontrol kompor secara otomatis dengan smartphone. Source code aplikasi yang dirancang dengan teknologi IoT pun saat ini sangat mudah untuk didapatkan. Source code arduino dapat menjadi pilihan untuk perancangan hardware, sedangkan untuk software anda dapat menggunakan berbagai jenis source code. Baik yang mendukung aplikasi untuk mobile, desktop, ataupun website.

Penerapan Sistem IoT Kompor Elektronik

Sistem ini bermanfaat untuk membantu ibu rumah tangga agar lebih efisien dalam menggunakan kompor. Dengan adanya kompor elektronik yang kondisi turn on dan turn off yang dapat diatur dengan smartphone akan lebih menghemar waktu. Kekurangan aplikasi adalah hanya dapat digunakan jika memiliki akses internet.

Sistem Rancangan Perangkat Keras dan Perangkat Lunak Sistem

Sistem rancangan perangkat keras dapat menggunakan modul arduino, modul ESP8622 sebagai modul wifi, dan perangkat kompor elektronik. Konfigurasi rangkaian kompor elektronik dapat dilihat pada halaman internet yang memuat datasheet alat tersebut. Sedangkan untuk menghubungkan ESP8622 dengan alamat url ataupun alamat IP dari aplikasi maka dibutuhkan source code arduino untuk ESP8622. Download source code ESP8622 dapat dihalaman datasheet dari halaman resmi arduino.

Sistem rancangan perangkat lunak sebaiknya menggunakan source code php dan java. Source code tersebut lazim digunakan untuk membuat aplikasi yang berbasis android. Agar tampilan desain dari aplikasi lebih dinamis dan interaktif gunakan tools tambahan seperti CSS dan javascript. Jika ingin merancang aplikasi serupa minimal menguasai bahasa pemrograman C#.

Fitur pada Aplikasi

Untuk membuat aplikasi yang user friendly dibutuhkan fitur dengan tampilan yang sederhana dan mudah untuk dipahami user.

  1. Halaman Awal

Halaman awal adalah fitur tampilan awal saat aplikasi mulai dijalankan. Tampilan halaman awal merupakan fitur loading yang menandakan aplikasi sedangk dijalankan. Jika proses loading selesai maka akan muncul halaman dashboard.

  • Dashboard

Tampilan aplikasi yang memuat beberapa menu yang memuat fungsi tertentu, seperti menu connect untuk membantu aplikasi terhubung dengan kompor. Kemudian menu pengaturan dan menu tambahan lainnya yang dirasa perlu.

  • Fitur Connect

Tampilan tombol connect yang memuat fungsi untuk mengontrol kondisi dari kompor elektronik. Jika kompor dalam keadaan terhubung dan hidup maka tampilan akan memuat informasi connect.

Spesifikasi

Sistem IoT Kompor Elektronik membutuhkan software utama untuk perancangan, yaitu Netbeans, SQL, dan juga spesifikasi perangkat PC yang bagus.

link download : bit.ly/3ey8R6F

Avatar
admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Secured By miniOrange