admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Sistem IoT Untuk Mengukur Kekeruhan Air

1 min read

Air bersih adalah kebutuhan vital dalam kehidupan sehari-hari. Seiring meningkatnya kebutuhan akan air bersih membuat ketersediaan air bersih menjadi sulit untuk didapatkan. Pada daerah-daerah yang sulit air bersih terdapat tank khusus untuk menampung air. Namun pada kondisi tertentu air tersebut memiliki tingkat kejernihan yang berbeda.

Didorong dengan permasalahan tersebut maka muncullah ide untuk membangun sistem IoT untuk mengukur kekeruhan air pada tank air. Sistem ini bertujuan untuk membantu pengguna air agar aman dalam mengkonsumsi air. Sistem IoT sendiri melibatkan interfacing dari hardware pada software dengan menggunakan kondisi yang real time.

Analisis Parameter Pengukuran

Untuk mengukur kekeruhan air akan digunakan sensor turbidy dimana terdapat sensor fotodioda dan pemancar dan sebuah diode sebagai pemancar. Pengukuran dilakukan berdasarkan nilai yang panjang gelombang yang diterima oleh fotodioda dari pemancar. Jika air semakin keruh maka panjang gelombang pemancar akan berkurang karena cahaya akan cenderung terhambat pada air keruh, begitupun sebaliknya.

Sistem Perancangan Perangkat Lunak

Sistem perangkat keras dirancang dengan menggunakan source code arduino yang diinput pada modul arduino. Modul arduino digunakan sebagai mikrokontroller untuk eksekusi perintah. Kemudian dilengkapi dengan konfigurasi ESP8266 sebagai modul wifi dan juga konfigurasi pin untuk sensor. Modul ESP8266 akan mengirimkan data hasil pengukuran kepada alamat ip yang sudah disetting pada source code aplikasi.

Sistem perangkat lunak dirancang untuk aplikasi android, anda dapat menggunakan berbagai pilihan software seperti android studio ataupun yang lainnya. Untuk merancang aplikasi android maka terlebih dahulu membuat source code java dan css untuk membuat tampilan aplikasi menarik.

Fitur Pada Sistem

Aplikasi monitoring kekeruhan air tidak menggunakan banyak fitur dan fungsi, berikut fitur yang penting untuk dibuat.

  1. Tampilan Awal

Fitur yang digunakan sebagai penanda bahwa aplikasi sedang running menuju halaman utama. Fungsi dari tampilan awal hampir mirip sebagai proses untuk loading.

  • Dashboard

Fitur yang memuat beberapa menu untuk memaksimalkan proses monitoring kekeruhan air. Menu pada dashboard dapat berupa tampilan data real time, lokasi tank yang perlu dimonitoring, dan juga menu pengaturan.

  • Data monitoring

Fitur yang menampilkan hasil monitoring berupa angka yang dimuat dalam bentuk tabel. Untuk dapat menerima data maka syarat yang paling utama adalah adanya akses internet. Tanpa akses internet maka aplikasi akan berhenti menerima data. Data tersebut akan otomatis tersimpan kedalam database aplikasi yaitu mysql. Anda juga dapat menggunakan jenis database lain untuk proses pengelolaan dan penyimpanan data.

Spesifikasi

Sistem IoT untuk mengukur kekeruhan air membutuhkan aplikasi pc yaitu arduino IDE, Android studio, dan juga editing template untuk membuat desain aplikasi.

link download : bit.ly/3ey8R6F

Avatar
admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Secured By miniOrange