admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Sistem Kemanan Ruangan Berbasis IOT

1 min read

Tingginya tingkat kriminalitas membuat orang-orang mulai menerapkan sistem keamanan yang berlapis. Terlebih saat ini terdapat berbagai inovasi teknologi yang dapat dikembangkan untuk menjaga keamanan tanpa perlu pengawasan manusa langsung.

Sistem keamanan ruangan berbasis IoT saat ini telah banyak diterapkan, terutama untuk membuat sistem aplikasi smarthome. Sistem keamanan dengan IoT bukan hanya tentang satu teknologi, melainkan ada banyak inovasi yang dapat dikembangkan. Kali ini kita akan membahas sistem IoT dengan menggunakan cctv dan kartu akses masuk rumah yang bersifat automasi.

Rancangan Perangkat Keras Aplikasi

Proses keamanan dari sistem ini menggunakan dua jenis perangkat keras, yaitu cctv dan juga kartu RFID (Radio Frequency Identification) untuk akses masuk rumah. CCTV sendiri mungkin sudah sering digunakan bahkan sebelum berkembangnya sistem IoT. Namun yang membuatnya berbeda adalah proses monitoring yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, asalkan terdapat akses internet.

Rancangan Perangkat Lunak Aplikasi

Akses masuk dirancang dengan menggunakan RFID (Radio Frequency Identification) yang diintegrasikan dengan alat yang dapat mengidentifikasi kartu tersebut. Sistem tersebut dapat dirancang dengan menggunakan source code arduino.

Sedangkan untuk monitoring CCTV dapat dilakukan dengan mengakses alamat website yang terkoneksi dengan alamat ip dari modul wifi pada CCTV. Sederhananya aplikasi tersebut dijalankan dengan menggunakan source code aplikasi berupa bahasa pemrograman php ataupun jenis bahasa lain. Anda juga dapat merancang website sendiri jika menguasai koding dalam bahasa pemrograman. Source code IoT juga sudah banyak dikembangkan dan dapau diunduh dihalaman internet dengan mudah.

Fitur Aplikasi

Website untuk monitoring keamanan rumah dilengkapi dengan fitur yang cukup canggih, berikut adalah fitur pada halaman website.

  1. Login

Untuk dapat mengakses monitoring pada website, maka pengguna harus login terlebih dahulu sesuai dengan identitas yang dibuat pada saat membuat sistem IoT. Hal tersebut karena biasanya satu alamat website digunakan untuk dapat diakses semua orang yang menggunakan brand yang sama.

  • Monitoring CCTV

Fitur yang menampilkan hasil monitoring CCTV, grafik yang ditampilkan ditunjang dengan penggunaan tools css agar memiliki visual yang tajam dan baik.

  • Recording

Fitur untuk merekam hasil monitoring CCTV, dimana CCTV selalu melalukan perekaman dan mengirim data rekaman pada database yang terdapat dalam sistem. Fitur ini mendukung pengguna untuk melihat kondisi rumah pada waktu sebelumnya.

  • Change Angle

Fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengganti angle dari CCTV hanya dengan mengakses website tersebut. Pada website akan terdapat tombol dialgo berupa untuk merubah arah angle dari CCTV. Hal ini sangat membantu untuk menjaga keamanan rumah walaupun dalam kondisi yang jauh.

Spesifikasi

Bagi anda yang tertarik membuat sistem keamanan ruangan berbasis IoT maka yang dibutuhkan adalah spesifikasi perangkat yang mendukung pembuatan aplikasi android dan juga bahasa pemrograman php.

link download : bit.ly/3ey8R6F

Avatar
admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Secured By miniOrange