admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Sistem Pakar Untuk Diagnosa Penyakit Darah

1 min read

Sistem pakar merupakan teknologi yang ddikembangkan ntuk kebutuhan pengambilan kesimpulan. Penggunaan sistem pakar lebih banyak dikembangkan untuk bidang kesehatan. Salah satu contohnya adalah sistem pakar untuk diagnosa penyakit darah. Metode AI dilibatkan untuk membuat algoritma yang tepat. Metode yang dipilih adalah metode forward chaining yaitu pengambilan keputusan dengan menggunakan  inferensi penelusuran kedepan. Berikut ini informasi mengenai aplikasi sistem pakar untuk diagnoas penyakit tentang kelainan darah.

Cara Kerja Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Darah

Aplikasi dibangun dengan menggunakan cara kerja yang mengikuti metode forward chaining. Dengan metode ini maka seseorang dapat mendeteksi kelainana darah yang mungkin terjadi dengan mencocokan database dengan keluhan. Input dari aplikasi adalah berupaka pertanyaan mengenai gejala yang dialami oleh pasien dan riwayat penyakit yang sudah terdiagnosa. Source code database sangat diperlukan untuk membuat alur pertanyaan yang tepat sekaligus menyimpan informasi untuk ineferensi penelususran kedepan.

Soource Code Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Darah

Source code aplikasi dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Jenis aplikasi yang dikembangkan adalah berbasis website dan mobile web. Hal ini untuk mempermuda pengguna karena tidak perlu mengunduh aplikasi terlebih dahulu.

Source code PHP tentu tidak dapat bekerja sendiri, untuk itu dibutuhkan source code database. Database yang digunakan adalah jenis mysql yang dapat diakses melalui software XAMPP atau apache.

Source code php dan mysql untuk sistem pakar dibuat dengan algoritma forward chaining. Pada dasarnya yang membuat teknologi AI berbeda dengan aplikasi pada umumnya adalah pada algoritma pengambilan kesimpulan.

Fitur Pada Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Darah

  1. Login

Fitur yang berguna untuk memberikan izin kepada pengguna mengakses aplikasi. Untuk dapat login maka pengguna harus lebih dahulu mendaftar. Proses pendaftaran cukup sederhana karena hanya membutuhkan data diri.

  • Kelola

Fitur kelola merupakan fitur khusus untuk admin yang hanya dapat diakses oleh admin. Tujuannya adalah untuk mengelola aplikasi baik dari segi konten ataupun tampilan.

  • Pendaftaran

Fitur pendaftaran digunakan untuk mulai melakukan kegiatan diagnosis. Fitur pendaftaran terletak pada halaman utama setelah anda login pada aplikasi tersebut.

  • Diagnosis

Fitur diagnosis merupakan fitur yang digunakan untuk menghasilkan diagnosis pada pengguna yang telah mendaftar. Pada fitur diagnosis pengguna dapat mengidentifikasi jenis kelainan darah yang dialami oleh pengguna.

  • Buku Tamu

Buku tamu merupakan fitur riwayat yang digunakan untuk mencatat jumlah pengguna yang aktif pada aplikasi tersebut. Fungsi ari buku tamu adalah untuk melihat traffic pada aplikasi.

Spesifikasi Perangkat Lunak

Sistem pakar untuk diagnosa darah dapat dibuat dengan menggunakan spesifikasi perangkat lunak berikut.

  1. PHP in Eclipse Version 6.0
  2. Database Mysql
  3. Hosting dan Domain

link download : bit.ly/3ey8R6F

Avatar
admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Secured By miniOrange